54 blogger komat-kamit

Desktop Publishing

Gambar 1

Pernah dengar istilah "Desktop Publishing"? Desktop publishing adalah program untuk membuat media publikasi (majalah, koran, buletin, tabloid), dokumen, undangan dan sejenisnya. Penjelasan lebih mudahnya, program ini untuk mengedit teks dan gambar dan menatanya (layout) pada sebuah halaman media.

Beberapa program desktop publishing yang dikenal di Indonesia adalah Adobe Pagemaker (PM), Adobe InDesign (ID), dan Quark Xpress. Program paling tua, kuno tapi sederhana penggunaannya adalah Pagemaker. Sebagai pioneer, tentunya program ini masih banyak kekurangannya, salah satunya fasilitas undo yang secara default cuma sekali (konon bisa disetting lagi).

Saya memutuskan untuk selingkuh dari PM, setelah hampir 3-4th mengenalnya. Ya, karena ada program baru yang lebih baik tentunya. Namanya Adobe InDesign (masih dari perusahaan Adobe). Pada program ini kita bisa membuat gambar grafis secara langsung (misalnya garis, bidang, dsb), sedangkan di PM kita harus bolak-balik dari Corel atau Freehand.

Gambar 2

Bagaimana dengan Quark Xpress sendiri? program ini saya kenal sekitar tahun 2001-2002 an. Tapi belum ada kesempatan nyobain langsung sampai dengan tahun 2007. Di tahun ini saya puas menjamahnya karena tiap hari gaulnya sama layouter (di tempat saya kerja). Jadi program Quark Xpress hanya untuk koran gitu? jawabannya, iya dan tidak. Quark Xpress dipakai karena lebih ringan aja sizenya.

Desktop publishing di Indonesia terbagi dua kategori user; Pertama, Pagemaker. Kedua, Quark Xpress. Mengapa InDesign tidak masuk? karena program ini masih tergolong baru dan tidak banyak orang yang pakai--menguasainya (versi terbaru InDesign saat ini adalah InDesign CS 3). Menurut pengakuan salah satu mantan layouter kenalan saya, masa depan layout koran ada pada InDesign, karena dia sudah cukup canggih dan pekerjaan yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

InDesign
Bung Oskar, begitu saya menyebut namanya. Dia adalah kawan saya di salah satu milis. Sebagai orang yang mempunyai pengalaman di bidang desain grafis dan layout, dia ingin menularkan ilmunya kepada publik dengan cara membuat website khusus InDesign CS. Kita bisa mengkliknya di http://www.indesign-cs.com/. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan setelah sign up di web tersebut. Salah satunya kita bisa belajar banyak soal layout indesign, kemudian bisa share dengan mereka yang lebih berpengalaman.

Jadi, jika anda penasaran dengan desktop publishing, dan tertarik untuk belajar layout InDesign, maka segera gabung disana. Jangan sia-siakan kesempatan berharga ini. Lumayan 'kan bisa belajar cara bikin undangan, kali aja ada sodara kita yang butuh dibuatkan undangan sunatan atau tahlilan, 'kan kita bisa membantunya.

Salam kreatif!!

Bahan Bacaan:
http://ilmukomputer.com/

Sumber Gambar:
Gambar 1
http://www.aramedia.com/CS2_InDesign.jpg
Gambar 2
http://images.macworld.com/images/legacy/2007/04/images/content/incopycs3_1.jpg

Tulisan ini khusus saya persembahkan untuk Achie, wanita perkasa (yang sempat request posting).
53 blogger komat-kamit

Dijual; Aura Kasih

Gambar 1
LYRA 1772 6B dan STAEDLER 6B



Gambar 2
Lukisan Aura Kasih dan contoh gambar yang saya ambil dari Koran



Mood yang baik akan menghasilkan karya yang baik. Begitu pula ngomong soal durasi pengerjaannya, yang pasti akan lebih cepat daripada biasanya.

Awalnya, saya menemukan foto Aura Kasih dari koran KOMPAS. Karena kualitas fotonya bagus, posenya juga udah bagus, tangan saya langsung ”gatel” ingin segera menggambarnya. Saya beli kertas tipis warna coklat di Gramedia—yang kalo nggak salah namanya kertas Samson. Lalu saya torehkan arang hitam ukuran 6B pada permukaannya. Sketsa awal menggunakan pensil Staedler 6B dengan tekanan ringan.

Eksperimen saya kali ini menggambar sambil berdiri (posisi kertas saya ratakan dengan tembok). Keuntungan menggambar dengan berdiri; Pertama, kita bisa melihat gambar kita tanpa ada distorsi (karena mata kita sejajar dengan bidang gambar). Kedua, kita bisa menilai kekurangan karya kita cukup dengan mundur ke belakang; melihatnya dari kejauhan.

Aura Kasih, adalah mojang asal Bandung yang belakangan namanya melejit di media. Aksi sensual pada video klipnya yang ditolak di televisi itu akhirnya dilarikan ke internet. Hanya dalam waktu 9 bulan, namanya sudah melambung bak roket. Untuk mengasah kepiawaiannya di dunia entertain, Aura Kasih belajar dari artis-artis yang sudah terkenal sebelumnya.

Ada yang tertarik dengan karya saya? Silakan menghubungi saya via mail untuk pemesanan lukisan foto atau potret diri anda. Terima kasih

Referensi: Koran KOMPAS
Foto: webcam ACER
25 blogger komat-kamit

Definisi Make Up

Make up artinya apaan sih? Kalo menurut kamus[dot]com nih, kata "make up" dengan kata "make-up" mempunyai arti yang berbeda lho.

Make up terjemahannya adalah berba-, ik kembali, melengkapi, memutuskan, mencari2, mengada2, menyelesaikan. Sedangkan make-up terjemahannya adalah alat2 kecantikan, susunan.

Lain kamus[dot]com, lain pula wikipedia. Pada wiki dijelaskan bahwa MAKE-UP itu nama grup musik Jepang yang memainkan lagu tema "Pegasus Fantasy" (lagu pembuka pertama) dan "Blue Forever" (lagu penutup pertama) dalam anime Saint Seiya. Lho film Saint Seiya 'kan film jaman saya pas masih kecil dulu?

Kenapa tiba-tiba ngomongin make up? apakah saya mau jadi make up artist juga? walaaah. Nggak banget!! masak saya sekolah di Martha Tilaar?? tapi saya punya pengalaman nge-make-up wajah anak-anak peserta agustusan. Kejadiannya setahun yang lalu. Hampir setahun ding. Nggak pake alat make up, tapi pake cat tembok. Hahhaha, rasain lo!!

Bukannya tambah cantik atau ganteng, tapi malah tambah serem jadinya. Lha mintanya gitu, mau gimana lagi. Itung-itung pengalaman pertama saya hehehe. Mereka minta wajahnya dilukis kayak KISS. Tahu kan? yang serem-serem itu lho?

Make up artist Indonesia sudah hebat? benarkah demikian? merujuk pada beberapa sinema layar lebar yang pernah saya saksikan, kayaknya mereka (baca: make up artist) kudu banyak belajar lagi. Jam terbangnya perlu ditingkatkan. Soalnya kalo bikin efek darah di film-film horor kayaknya kurang mirip, lihat aja warnanya. Ya nggak sih?! trus rambut-rambutnya juga kurang natural. Tapi memang ada juga sebagian film yang sudah mantap make upnya.

Make up yang pas memang bisa menipu. Paras wajah seseorang akan tambah cantik, tapi bisa juga sebaliknya. Lihat gambar yang saya buat di bawah ini, seorang gadis lugu--yang masih suka main boneka--wajahnya bisa jadi sangar juga.


Menipu, kan?? berarti saya tukang tipu?? semoga tidak. Hahaha, komen yuuk...
30 blogger komat-kamit

Diary Apaan (sih)?


MENULISKAN kembali kegiatan sehari-hari yang ringan dan nggak terlalu penting ke dalam gambar bukanlah hal yang baru. Sudah banyak pendahulunya sebelum saya. Sebut saja "buku curhat Tita", buku ini sudah banyak dikenal oleh komikus lokal maupun ibukota. Orang sekelas DM Sudharta (komikus kompas) pun juga mengenalnya. Goresan kejujuran Tita benar tampak pada gambar yang dibuatnya. Garisnya seakan berbicara dan mengatakan "inilah saya".

Dulu, sebelum saya mengenal blog. Menulis catatan harian di buku bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Selain capek juga kadang membosankan. Ngapain juga, kayak kurang kerjaan. Pikiran dangkal saya mengatakan demikian. Setelah berpikir ulang saya berkesimpulan, semakin banyak kita menulis akan semakin terasa kemampuan kita merangkai kata.

Tak perlu dipaksa bikin paragraf indah, karena saya mungkin bukan pujangga atau seniman kata-kata. Saya hanya ingin berkarya dan merasakan masa lalu yang pernah saya rasakan. Entah senang, susah, pahit, ataupun manis. Pelan-pelan saja.

Bikin buku?
Apakah saya akan latah menerbitkan buku dari blog saya ini? seperti beberapa blogger lain yang sudah mendulang keuntungannya? Mimpi sih ada, meski sedikit. Tapi bukan tulisan sampah yang seperti ini, dong. Andaikan blog ini diedit oleh sang ahli mungkin masih nol koma sekian yang layak baca--yang tulisannya bisa inspiring seseorang.

Karena bagi saya menulis kalo nggak nylekit itu sepertinya kok bukan tipe saya. Nylekit yang dimaksud bukan kritis atau progressif, tapi minimal bisa memberikan pencerahan, jadi bahan pembicaraan--terciptanya public sphere. Pembaca jadi mengkernyitkan dahinya (bila perlu). Ah!! muluk-muluk...

Terus saja menulis, terus saja berkarya, untuk kita dan masa depan kita. Sudah berapa diary "dihajar"??

Happy BirthDIARY
25 blogger komat-kamit

Dialog

MENURUT Hans-Georg Gadamer, kata “dialog” mempunyai arti proses dua pihak yang saling memahami satu dengan yang lain dimana setiap orang membuka dirinya untuk menerima cara pandang orang lain sebagai hal yang layak dipertimbangkan. (Gadamer 1979:347)(sumber: yeyekh.wordpress.com dari kaosblog.com)

Pernahkah kita menghitung dalam sehari berapa kali kita berbicara dengan orang lain? yang berbeda secara kebiasaan, usia, etnis, agama ,dan latar belakang pendidikan misalnya? Pertanyaan tidak penting sebenarnya. Benar-benar tidak penting (saya yakin anda juga berpendapat demikian).

Eits!! tunggu dulu!! jangan buru-buru beranjak dari blog ini. Kalo emang nggak penting, kenapa nggak coba membuat dialog pada balon kata yang masih kosong ini menjadi penting. Penting untuk jadi bahan renungan, atau mungkin penting untuk kita tertawakan bersama. Berani dengan tantangan ini?

Contoh 1:
A: Permisi, mas! Bapaknya ada? Saya mau cari kost
B: Haa?! Bapak saya sudah nggak di sini. Bapak saya sudah meninggal dua tahun yang lalu

Contoh 2:
A: Sante aja, mas. Saya ini orangnya jujur ‘kok
B: Jujur kok ngaku, tho???

Contoh 3:
A: Kalo mau jadi orang sukses harus kerja keras dulu, kayak saya ini nih…
B: Kalo belum punya pacar berarti belum sukses tuh, mas.


Salam kreatif!!

OoT (Out of Topic)
Hari minggu, 3 Agustus 2008 saya mengadakan kopd[art] di Taman Menteng.
Info lebih lanjut klik aja: http://www.rumahblogger.com/forum/
31 blogger komat-kamit

Dekat Sahabat

Sahabat lebih dari sekedar teman. Sahabat bisa lebih dekat ketimbang saudara dan atau orang tua. Sahabat tidak akan mengatakan kita gendut atau kurus. Sahabat tidak akan melihat kita lahir dari suku, golongan atau ras apa. Sahabat juga tidak akan mengatakan kita jelek atau buruk rupa. Tapi sahabat akan selalu mengingatkan, memperhatikan, dan menjaga perasaannya.

Sahabat adalah orang yang ada di samping kita. Menemani kita, saat suka atau kala dilanda duka. Terima kasih sahabatku semuanya. Engkau adalah sumber inspirasiku.

Anda punya pengalaman menarik dengan seorang sahabat? Anda pernah bertengkar dengan seorang sahabat? Mari kita share pengalaman kita di sini…

Tentang gambar:
Teknik: hand drawing
Media: pensil warna di atas kertas
Tahun: 2008


Mohon maaf bila gambar/ilustrasi yang saya buat di atas (tidak sengaja) mirip dengan wajah/karakter orang yang anda kenal. Saya membuatnya hanya berdasarkan khayalan saya semata. Jika anda tertarik punya gambar untuk dihadiahkan, anda dapat pesan melalui e-mail saya. Makasih.
19 blogger komat-kamit

Desainku Menang, Horee...

Tengah malam itu saya mengunjungi blog Fenny (blog.ajaib.us). Saya dikejutkan setelah melihat nama saya masuk di list pemenang. Nama saya dicantumkan sebagai pemenang dalam kategori kontes desain (untuk kategori kontes komen dan kontes blog favorit saya tidak masuk). Rasa kantuk yang melanda saya tiba-tiba hilang kemudian. Hahaha…

NGGAK RUGI, atas usaha saya selama ini. Meskipun hadiahnya bukan pesawat terbang atau jalan-jalan ke Thailand, tapi saya sudah cukup senang. Makasih, Fen atas pengumuman dan hadiah MP3 SIMBADDAnya. Semoga kontes pertama yang kamu gelar tepat di hari ulang tahunmu ini membawa kebahagiaan buat kita semua. Btw, kapan rencana kontes keduanya? Hihihi…

Gambar diambil dari http://img137.imageshack.us

Fenny adalah blogger dari Bali. Akunya, bulan agustus nanti dia mau kopdar sama blogger Jakarta. Ada yang tertarik ikutan? Kali aja ntar ditraktir, Huhuhu…

Jika anda yang tertarik pesan desain logo atau banner khusus untuk blognya silakan menghubungi saya via e-mail.
16 blogger komat-kamit

Dunia Usaha di Indonesia

MAJALAH Forbes edisi Juni 2008 mengeluarkan laporan khusus tentang daftar negara terbaik untuk usaha di dunia dengan menggunakan sejumlah indikator. Penilaian didasarkan pada laporan sejumlah lembaga internasional, Heritage Foundation (indeks kebebasan ekonomi), World Economic Forum (daya saing global), Transparency International (indeks persepsi korupsi), Freedom House (indeks kebebasan individu), Deloitte (tingkat perpajakan), World Bank (kemudahan berusaha), Central Intelligence Agency (data dan fakta negara). Dalam penilaian itu, Indonesia menempati urutan 81, naik 8 peringkat dibanding tahun lalu.

Info lebih lengkap tentang dunia usaha di Indonesia silakan lihat infografis. Klik sekali untuk memperbesar gambar.

Infografis di atas saya buat untuk rubrik periskop koran SINDO edisi senin (21/07/2008). Saran dan kritik saya persilakan...
29 blogger komat-kamit

Ditiru Aja (Tips Photoshop)


Saya bukan jagonya photoshop, tapi saya ingin berbagi sedikit dari yang saya pahami soal photoshop. Berikut ini adalah tips untuk mewarnai gambar (untuk tingkat pemula):

Pertama, scan gambar yang akan diwarnai. Pilih resolusi tinggi supaya kualitasnya bagus. Atur brightness atau contrastnya pada menu image-adjustment. Bisa juga anda menggunakan "level" (tekan Ctrl+L untuk PC dan tekan Command+L untuk Mac), atau "curve" (tekan Ctrl+M untuk PC dan tekan Command+M untuk Mac)

Kedua, seleksilah warna hitam dengan "magic wand"(tekan W). Jika opsi "contiguous" dicentang, maka dia hanya menyeleksi warna hitam sebatas area yang diseleksi (tidak semua warna hitam ikut). Setelah diseleksi warnailah bidang tersebut dengan warna hitam. Cara cepat: tekan huruf "D" (untuk mengubah warna foreground/background menjadi default), lalu tekan alt+backspace.

Untuk mewarnai bidang yang lain, anda bisa menggunakan paint bucket tool (tekan huruf "G"). ikon paint bucket tool gambarnya seperti ember. Sebagai variasinya, anda bisa menggunakan efek "gradasi/gradient" (tekan shift+G). Efek ini ada lima pilihan lho, lihat kiri atas (di bawah menu).

Sebagai finishingnya, coba diperiksa kembali apakah ada garis yang masih kotor (karena hasil scan). Jika masih ada, bersihkan dengan penghapus/eraser tool. Tekan huruf "E"

Jangan katakan sulit sebelum anda mencobanya sendiri. Gyagagahaha..., Salam kreatif!!
49 blogger komat-kamit

Di Hari Tanpa TV ada Kopdar

Bingung karena hari ini (20/7) dicanangkan hari tanpa TV? saya tidak bingung tuh. Mungkin sebagian orang bingung harus menyikapi seperti apa. Menolak atau mendukungnya.

Dua tahun yang lalu, hari tanpa TV diperingati pada tanggal 20 Juli. Mengapa ya tahun ini tanggalnya bergeser tiga hari? ada yang tahu penyebabnya? ah sial!! kenapa saya telat informasi?! yang jelas hari ini adalah hari istimewa* bagi saya, karena hari ini acara kopi darat (gathering) ketiga saya--di Ragunan Zoo, Jakarta--berlangsung sukses.

Ngomong soal TV nih. Kenapa saya lebih mencintai media cetak atau internet ketimbang TV? karena saya tahu bahwa acara TV di Indonesia itu tidak bagus sepenuhnya. Artinya apa? tayangan sadisme, kriminalitas, gosip, dan sederet sinetron nggak jelas itu sudah terlalu banyak kita konsumsi. Parahnya lagi, beberapa ibu rumah tangga--yang aktifitasnya terlampau banyak--menganggap bahwa TV bisa berperan bak babysitter, dimana si anak bisa duduk diam tenang; sambil menonton tayangan film animasi atau yang lainnya. Syukur-syukur anaknya nggak menangis, titik.

Padahal berdasarkan penelitian, film animasi atau kartun juga mengandung kekerasan dan tayangan serupa lho. Beberapa kawan saya, tertarik untuk mengkaji dampak tayangan kartun terhadap anak-anak. Mereka mengangkatnya dalam skripsi.

Kalau kita masih sayang sama diri kita, adik kita, keluarga kita dan anak-anak kita, maka sepatutnya kita memposisikan TV bukan sahabat yang baik untuk kita. Mari kita konsumsi TV seperlunya. Pilih tayangan yang layak konsumsi dan syarat edukasi. Jangan biarkan waktu kita terbuang percuma, demi beberapa tayangan yang tak ada gunanya itu.

Tentunya tulisan di atas masih kurang lengkap. Saya ajak anda untuk berbagi. Kemukakan pendapat dan pengalaman anda. Ruang publik milik kita bersama...

OoT (Out of Topic):
Supaya tidak dikatakan hoax, inilah suasana saat kopdar di Ragunan Zoo, Jakarta, tadi siang.
Saya duduk santai di tengah (kaos hijau), posisi paling depan sendiri :)


Tentang Ilustrasi:
Teknik: Drawing manual, Pensil Warna, 2008

*) Tebakan Mas Fery (brainwashed) benar.
Hari ini saya ulang tahun beneran kok,
makasih blogger Jakarta dan sahabat-sahabat saya semua
25 blogger komat-kamit

Digital Printing

Beberapa bulan setelah resmi meninggalkan Malang dan hijrah ke Kota Pahlawan, Surabaya, saya sempat "main-main" dengan digital printing. Saya beli satu unit printer EPSON (tipenya saya lupa) yang rada murah, lalu tabung tinta atau cartridgenya diganti dengan selang. Tentu saja bukan saya yang ngoprek.

Printer itu lalu saya bawa ke ahlinya di THR Surabaya, di modifikasi disana. Dan beberapa jam kemudian printer itu siap untuk dipakai sepuas-puasnya.

Maklum, di Surabaya memang lagi ngetren. Tidak hanya rental komputer, warnet pun juga mulai melirik bisnis digital printing sebagai sampingannya. Printer genuine yang mereka miliki rela "dilacurkan" demi bisnis menggiurkan.

Sebelum saya akhirnya dapat kerja di Jakarta, harga digital printing di Surabaya sudah cukup hancur. Berdasarkan pengalaman saya, untuk ngeprint banner saja ongkosnya cuma Rp30.000/m2. Entah sekarang, mungkin sudah turun lagi.

Digital Printing memang ladang bisnis yang menggiurkan, Tapi kalo pasar sudah dirusak?? apa yang terjadi kemudian?? saya yakin pekerja desain bisa tersenyum lebar sementara pengusaha menangis tak berkesudahan.

Berani harga murah, silakan terima kualitas rendah. Berani harga tinggi, silakan menikmati karya bermutu tinggi.

Salam kreatif!!

Gambar diambil dari:
http://www.yugatech.com/blog/wp-content/digital_printing.jpg
34 blogger komat-kamit

Desainer Grafis dan Klien yang Aneh

Sebagai desainer grafis professional, dalam merancang sebuah karya tentunya harus menyertakan konsep di dalamnya. Konsep yang dibuat harus mempunyai filosofi yang kuat dan dilandasai latar belakang yang jelas. Tentu saja ini bukanlah tugas yang mudah.

Desainer grafis tidak hanya sekedar bekerja untuk menciptakan karya yang baik dan menakjubkan, tapi desainer juga dituntut untuk memberikan edukasi kepada khalayak. Edukasi ini juga bukan tugas yang mudah.

Sayang sekali, desainer di negeri ini kurang dihargai sama masyarakatnya sendiri. Padahal jerih payah mereka sudah luar biasa. Saya akan memberikan ilustrasi seperti di bawah ini;
Klien: “Mas tolong saya dibuatkan desain untuk banner website organisasi saya. Kira-kira bisa jadi kapan, mas?
Desainer: “Siap pak! Saya akan mempelajari dulu karakter website Bapak. Jadi, beri saya waktu dulu sampai beberapa hari ke depan”
Klien: Kalo bisa yang bagus ya, Mas. Kira-kira lima hari lagi bisa saya lihat desainnya dan beberapa alternatifnya?
Desainer: Saya usahakan ya, Pak!
Klien: Saya belum ada DP nih, mas. Besok aja ya kalo udah jadi sekalian langsung saya beri.
Desainer: lho kok gitu, Pak? Eee… iya deh!

Beberapa hari kemudian…
Desainer: desainnya sudah jadi, Pak. Saya juga buatkan beberapa alternatifnya.
Klien: Lho kok cuma gini? Mas nggak niat ya mengerjakannya?
Desainer: (diam, kesal karena tidak dihargai karyanya).
Klien: Ya sudah, saya pilih yang ini saja. Nanti saya minta yang kualitasnya hi-res ya? Oya, Mas saya kasi segini dulu ya. Maaf sebelumnya. Dari kantor belum cair nih jadi pake uang saya aja dulu.

Dasar klien yang aneh, sudah cerewet, suka nyuruh kerja cepat, menghina, ngasi bayaran nggak full lagi. Kasian banget. Tapi kenyataan pahit inilah yang sering diterima oleh desainer grafis di negeri ini.

Hukum alam mengatakan, jika kita ingin dihargai, maka kita harus bisa menghargai orang lain. Jangan serius mengatakan “Saya buatkan desain, tapi gratis”, karena ini sangat memalukan dan menurunkan citra diri kita sendiri.

Mari kita bermain secara professional….

(Jatuh cinta, sama kakak kelas. Sudah baca, ayo dibalas)

Tentang gambar:
Dibuat dengan Freehand.
Dilarang mengcopy kecuali mencantumkan sumber asli
23 blogger komat-kamit

Duk Thak..., Duk thak Duorr!!

Saya tidak bisa main musik kecuali sekedar main pukul kaleng, panci, ember atau botol saat waktunya sahur di bulan puasa. Hihihihi. Di kampung saya, rutinitas membangunkan sahur ini disebut "patrol". Biasanya dimulai awal puasa sampai menjelang akhir. Di sela-sela tabuhan musik itu kadang ada yang suka nyalain petasan juga. Duoorr!!!

Berbicara soal musik, kayaknya banyak banget aliran musik yang bisa masuk ke kuping saya. Mulai dari yang easy listening, sampai dengan yang sedikit cadas seperti System of Down (SOD), Metallica, Payable of Death (POD), Korn, LP, Limbizkit dan sejenisnya. Kalo ditanya musik mana yang paling suka, saya akan jawab rock klasik dong. Lho, kenapa? karena rock klasik itu nggak ada matinya, nggak ada bosennya. Menurut saya sih…

Tapi belakangan ini, saya juga suka nyetel musik jazz di radio. Tapi yang instrumentalia. Kebetulan di Jakarta ada radio yang khusus memutar musik jazz, kalo nggak salah frekuensinya 99,9 fm. Dalam sebuah milis desain yang sempat saya ikuti beberapa waktu yang lalu, ada anggota milis yang mengatakan; “ngedesain sambil dengerin jazz itu nikmat banget”. Karena penasaran saya kemudian coba buktikan, eh ternyata terbukti bow!! Bahkan dengan mendengarkan musik jazz ada yang bilang otak kita mampu bekerja lebih baik dan stabil. Anda percaya? silakan coba sendiri...

Iseng-iseng bikin saya desain pin bertemakan musik. Cantik nggak karya saya? Kalo dicetak beneran trus dijual, ada yang beli nggak ya? hahaha...

Keterangan gambar:
Dibuat dengan program Macromedia Freehand MX

18 blogger komat-kamit

Demi Pensil Warna

ADA yang blom tahu tentang CK??? CK bukanlah Chika, blogger Jakarta itu. CK juga bukan Cikini-Kwitang (jalur ojek). CK adalah Calvin Klein, nama merk pemuas hidup yang terkenal itu. Tidak hanya jeans, tali pinggang dan celana dalam aja lho, sampai parfum pun juga ada. Satu botol parfum harganya bisa mencapai ratusan ribu, wah... kalo dibelikan kertas cat air sama kertas gambar udah lebih dari cukup tuh. Anda penggila merk? siapin aja dompet tebal. Hahaha...

MEMANG, kalo sudah berbicara merk terkenal pasti harganya mahal. Tidak terkecuali sarung Indonesia yang harganya juga bisa meroket saat Idul Fithri itu. Mereka berani pasang harga mahal karena mereka bisa kasi jaminan kualitas; TE O PE BE GE TE, alias top banget dah.

SAYA bukan pemakan merk. Saya pemakan nasi, sayur dan buah-buahan. Hahaha. Kalo saya ngejar merk, bisa-bisa saya nggak akan makan lagi beberapa bulan ke depan. Hufffh!! hari ini saya hampir saja menjadi korban merk.

CERITANYA begini, tadi siang, saat saya mlaku-mlaku alias jalan-jalan ke Gramedia Matraman, saya menemukan pensil warna yang cool abis. Profesional banget deh kalo bisa pake itu. Merknya LYRA "Rembrandt-Polycolor", harganya berkisar dua jutaan lebih. Gila!! Pensil warna aja harganya bisa sampe segitu.


PENSIL warna itu dikemas apik--dalam sebuah kotak eksklusif berwarna coklat--yang begitu kita buka akan membentuk seperti anak tangga gitu. Ada dua layer. Jumlah pensil warnanya berapa ya? kayaknya sampai ratusan sih. Orang saya lihat koleksi warnanya juga lengkap. Pasti kalo baru belajar nggambar (baca: pemula) bingung mau pake warna yang mana. Masalahnya warnanya mirip-mirip sih.

NGGAK pake lama, saya akhirnya memutuskan membeli pensil warna LYRA yang isi 36 aja. Harganya Rp 78.000, lumayan, nggak terlalu mahal. Semoga dengan pensil warna ini saya bisa buat karya yang lebih bagus lagi.


Akhirnya, saya punya hipotesa sementara; bahwa merk yang bagus belum tentu cocok dengan kita. Karena semuanya tergantung kepuasan individu. Teman saya pernah mengatakan "Jangan lihat senjata apa yang dia gunakan, tapi lihat siapa yang menggunakan senjata itu".

Bahan bacaan:
perfumeforsale.indonetwork.co.id
okezone.com
crockquette.blogspot.com

Sumber Gambar:
www.fineartsupplies.co.nz/images/lyra/pdt_comfortgrip.jpg
www.pencity.com/Lyra/images/RembrantPoly.gif
24 blogger komat-kamit

Dapat Award


Saya merasa bahagia beberapa hari ini. *Plok…plok…plok*. Dua blogger memberikan penghargaan atas blog saya. Pertama, dari Mas Rizal-Malaysia (11/07), dan yang kedua Mbak Euginia Gina-Jakarta (13/07). Makasih, makasih!!

The rules of accepting are as follows:
1) Put the logo on your blog.
2) Add a link to the person who awarded you.
3) Nominate at least 7 other blogs.
4) Add links to those blogs on yours.
5) Leave a message for your nominees on their blogs.

Agak sulit sebenarnya, saya harus memberikan penghargaan kepada siapa selanjutnya. Karena banyak blogger yang saya kenal hebat, jago, kreatif dan informatif serta selalu up to date tulisannya.
Tapi mau tidak mau saya akan meyebutkan juga!! Setelah memperhatikan dan menimbang maka saya memutuskan memilih:
  1. Mas Anang Surabaya
  2. Mbak Nita Amrik
  3. Mbak Astrid Savitri
  4. Benazio Jakarta
  5. Aki Herry Bandung
  6. Ndop (Dzofar) Nganjuk
  7. Ndoro Kakung Jakarta
34 blogger komat-kamit

Diundilah ANTOWNHOLICONTEST #3

Hufhhh...akhirnya datang juga hari yang ditunggu-tunggu. Saya menerima email dari 32 peserta dengan jawaban benar semua. Waow!! angka kontestan yang lumayan besar seukuran blog saya yang sederhana ini. Berikut ini adalah nama peserta:


Eka P
Afandi N
Maria Ulfah
Neng Three
Aditya Nazmudin
Ray Rizaldy
Ryzqie Hatake
Pupu
Okta Sihotang
Vicky A
Adi Cita
Yusdi
Coolabis
Marla Ruby Quintine
Made Dwipayana
Niar Melani

Fenny
Krisna
Farida Fathima
Fahmi Fathurrahman
Coroflot Management
Fery Brainwashed
Dee
Dobelden
Suneo Taliguci
Paams
Anandita Puspitasari
Edy Caplang
Bayuhebat
Bena
Catur
Imam Waterbomm

















Setelah saya dan Joko (senimangoblok.blogspot.com) melakukan undian, berikut ini akan saya umumkan satu orang yang beruntung mendapatkan gratis desain banner ornamentalis pada ANTOWNHOLICONTEST #3.

*jantung berdebar kencang...*

Kira-kira siapa yang beruntung ya. Jangan-jangan saya sendiri, halahhh... gak mungkin. Oke, to the point aja ya!! pemenang ANTOWNHOLICONTEST #3 adalah...

*Diiringi backsound super mario; face to face dengan king cooper*

(Jujur saya masih tegang nih..., untung yang menang cuma satu orang)

Antown: Siapa yang beruntung, Jok? coba kamu buka...
Joko: Namanya Maria Ulfah, Town!!

SELAMAT atas pemenang terpilih !! dan bagi anda yang belum beruntung saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya. Nggak usah nangis ya, nggak usah bersedih. Sering-sering saja berkunjung kesini lagi. Siapa tahu pada kontes selanjutnya justru Anda yang beruntung. Keputusan ini tidak dapat diganggu gugat.

Buat pemenang terpilih, silakan konfirmasi via email untuk ukuran banner yang Anda inginkan, sertakan juga satu atau beberapa kata untuk saya jadikan materi desain banner.
15 blogger komat-kamit

Di Usia yang ke-3


Koran SINDO (Seputar Indonesia), tempat saya berkarya, hari ini merayakan ultahnya yang ke-3 tahun di Gedung Bimantara, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Sebenarnya sih kelahirannya tanggal 30 juni kemarin, cuma momen yang pas baru hari ini.

Di usia yang masih sangat muda ini, koran SINDO sudah mampu meraup pembaca lima ratus ribu sekian dalam seharinya. Untuk jabodetabek, SINDO menempati posisi kedua setelah KOMPAS. Informasi ini saya dapetkan dari pernyataan Pak Hari Tanu, direktur utama MNI (Media Nusantara Indonesia) saat memberikan sambutan tadi. Angka yang cukup membanggakan untuk koran skala Nasional.

SINDO yang disirkulasikan di enam titik yakni, Jabar, Jateng, Jatim, Sumsel, Sumut dan Makassar berencana akan mengembangkan sayapnya lagi. Salah satunya adalah Bali. Antara senang dan tidak senang, saya sebagai pekerja artistik mau tidak mau dituntut mampu memberikan yang terbaik untuk infografis baik untuk lingkup regional (jabodetabek) maupun daerah. Deadline yang ketat menjadi menu saya sehari-hari yang harus ditaklukkan. Mohon doanya supaya saya kuat menjalaninya.

Hari ini karya saya terbit untuk rubrik periskop (untuk wilayah Jabodetabek muncul di halaman 20). Rubrik ini adalah salah satu rubrik andalan koran SINDO yang terbit tiap hari minggu dan senin. Sudah baca blom?? Saran dan kritik untuk karya saya terbuka lebar...., monggo saya persilakan.
22 blogger komat-kamit

Desainer Kreatif?

"Jangan galak-galak dunk!! hus-hus!!! sana pergi". Saya orangnya benci banget sama anjing. Selain takut, anjing juga ngga enak diliat, kecuali Pluto, anjing si Mickey dalam komik donald bebek.

Gimana dengan anjing Scooby Doo? saya nggak tertarik sama sekali karena secara visual cukup realis dan mengerikan. Liat ukuran anjing segitu saya sudah emoh, takut ngebayanginnya, apalagi dijilat nantinya. Hiiii... *kabuurr*

"Anjing bener tuh orang". Nah, yang ini saya juga nggak suka. Ngatain orang sembarangan. Kenapa kata "anjing" nggak diganti dengan yang lain aja. Misalnya, "dasar ketimun!!, diajak ngomong dari tadi nggak nyambung-nyambung!!". Postingan saya tentang umpatan bisa diliat di sini.

OKE, sekarang saya akan membahas gambar di atas. Konsep gambar di atas sudah cukup bagus. Hemat saya, sang ilustrator berhasil memadukan antara gambar 2D dengan 3D. Jelas ini cukup eye catching sebagai sebuah karya kreatif.

SAMA halnya ketika kita mengamati sebuah reklame yang menggabungkan seni grafis dengan benda 3D. Misalnya sebuah baliho iklan ban mobil, lalu disana ada gambar iklan dan dipajang ban mobil beneran tentu akan lebih menarik hasilnya.

PERNAH saya menyaksikan sebuah iklan sepatu (kalo nggak salah). Kejadian ini kebetulan ada di Jepang, di atas langit yang tinggi di sana ada dua orang main bola beneran. Dua orang itu tergantung dengan tali pengaman sambil mengumpan bola ke lawan. Gokil banget dah. Kontan aja orang di bawah pada liat ke atas. Mereka yang bawa kamera juga tidak tahan ingin mengabadikan momen kreatif ini. Silakan dilacak di Youtobe barangkali ada.

NAH, bagaimana dengan Indonesia? karya kreatif nan berkualitas sebenarnya sudah banyak. Bahkan beberapanya pernah mendapat penghargaan/nominasi tingkat dunia. Tinggal dikembangkan saja, tinggal ditularkan kepada penerusnya yang masih awam. Dari tulisan ini, saya berharap semoga saya pribadi, dan pekerja kreatif yang lain tidak pelit untuk berbagi ilmu kepada yang lain. Karena semakin banyak yang kita bagi, akan semakin banyak pula yang kita terima. Believe it!!

Keterangan:
Gambar/ilustrasi di atas diambil dari internet

30 blogger komat-kamit

Di Kost Saya

MENJELANG sore hari, mobil sedan berlogo BMW ini biasanya sudah "dikandangkan" lagi. Itu artinya bapak kost sudah menyelesaikan aktifitasnya di luar. Mobil tersebut adalah mobil bapak kost yang setiap harinya tidak pernah luput dari pandangan saya. Maklum, kamar saya ada di luar, persis sebelah parkir kendaraan.

KALO lagi rame, anak cucu ibu kost pada datang, parkiran selalu penuh, kadang sampai diisi 3 mobil lho. Tapi kalo lagi sepi paling cuma satu mobil dan beberapa motor punya anak kost. Semua motor terparkir rapi tepat di depan mobil, menghadap timur, membelakangi pintu kamar saya. Jadi kalo ada yang mau keluar pasti saya tahu. Bahkan saya suka hapal suara motor siapa yang datang atau pergi.

PAGI atau sore hari, mobil bapak kost harus dicuci. Mas Aji, pembantu kost, dengan sabar membasuhnya dengan air sabun, membersihkannya, mengelapnya sampai kemudian tampak mengkilat lagi. Kalo Mbak Lisan, istri Mas Aji tugasnya membukakan pintu pagar, kala mobil itu datang. Sesekali justru saya yang membuka pagar itu. Mendorongnya ke dalam. Lha gimana lagi, nggak ada orang sama sekali, rek!!

Kost dan Yayasan
KOST di tempat saya yang berisi delapan kamar ini konon bekas yayasan yang mengurusi pemakaman. Ya, suka ada mobil ambulan juga disana. Penghuni kost yang lebih dulu dari saya pernah mengatakan. Dulu bangunan ini pintunya cuma ada beberapa. "Disana, dan disana", dia menunjuk arah yang dimaksud. "Katanya sih, di kost ini juga tempat memandikan jenazah", lanjut dia.

TAPI saya senang kost di tempat bekas yayasan itu. Lingkungannya bersih karena dibersihkan tiap hari. Tidak pernah ada keributan atau kejadian yang tidak menyenangkan. Kamar saya juga lumayan gede, lebih dari ukuran standar. Padahal cuma Rp300.000/bln. Murah sekali untuk ukuran kost Jakarta. Kalo saya membandingkan, dekat kantor tempat saya bekerja ada yang sampai Rp800.000/bln (belum termasuk AC).

KEKURANGANNYA? tetap ada dong. Karena dulunya bekas bangunan, akhirnya ruangan-ruangan itu hanya disekat oleh papan saja. Sebagian sisi dinding kamar saya sudah ditembok, tapi sebagian lagi (bekas pintu) hanya ditutup dengan papan. Jadi kalo ada yang grusak-grusuk kadang kedengaran juga. Hayooo... 'gi ngapain?

Keterangan Gambar:
Media: Kertas, Tinta
Ukuran: -
Tahun: 2008
Teknik : Hand Drawing
Gambar ini hanya corat-coret saya saja. Dibuat dalam waktu sekitar 10 menit.

27 blogger komat-kamit

Dua Tangan Saya


PINGIN bikin desain atau ilustrasi secara cepat? Hapalkan beberapa shortkey dan shortcut. Pastikan tangan kanan selalu di atas mouse, dan biarkan tangan kiri menari di atas keyboard.

MEMANG butuh jam terbang yang tidak sebentar untuk menghapal shortkey dan shortcut. Tapi jika kita mempelajarinya sedikit demi sedikit pasti bisa. Apalagi antara tombol operasi komputer PC dan Mac sedikit beda secara letak dan fungsinya. Perlu diketahui, komputer Mac adalah komputer untuk desain, bukan untuk keperluan office.

SEPERTI kasus sederhana ini misalnya; jika kita ingin membuka dokumen kita biasanya 'kan menekan Ctrl+ O, sementara kalo di komputer Mac yang kita tekan adalah Command+O. Sama halnya jika kita ingin menyimpan dokumen. Ada sih tombol "Control" di Mac, tapi itu tidak digunakan dalam kasus ini. Tidak rumit bukan memahaminya? ya, semoga!!

BAGI saya dikatakan rumit kalo komputer Mac buat mengetik. Lha wong tombol Ctrl, alt dan shift fungsinya berubah total. Susah lah saya menjelaskannya, tapi yang jelas sampai sekarang saya belum terbiasa.

UNTUK sistem pengerjaan grafis di koran, tempat saya kerja, si redaktur akan mengetik naskah pada komputer PC, selanjutnya diedit sama editor bahasa, lalu naskah di share ke server. Nah dari server itulah komputer Mac akan mengambil data yang dibutuhkan.

SAYA merasa harus banyak bersyukur kepadan Sang Khalik. Diberikan dua tangan yang masih bisa berfungsi dua-duanya. Bisa berkarya, bisa ngetik, bisa gini, bisa gitu, dan bisa beramal syukur-syukur...
28 blogger komat-kamit

Dreskod Kopdar Ragunan

GATHERING/kopdar alias kopi darat yang sebelumnya pernah saya ikuti berwarna putih, kali ini bakal berbeda. Menurut Bena, si bloger autis sekaligus penyelenggara kopdar Ragunan (20/07), kalo mau ikut acara ini sebaikya memakai baju bertema flora dan fauna (cari bahasa inggrisnya).

SAYA tidak mendapat keterangan lebih lanjut mengapa tema dreskod seperti itu. Hanya saja saya menduga, barangkali supaya matching aja dengan lokasi dan tujuan kita berkumpul.

MENURUT sms yang saya terima dari Ridu pada tanggal 7 juli 2008 kemarin, kita (peserta kopdar) bisa ketemuan di depan halte busway Ragunan dulu, tepat jam 11.00 WIB. Selanjutnya masuk kesana bareng-bareng. Murah kok tiketnya, katanya sih cuma Rp 5000,- dan bisa pilih lokasi foto sepuasnya. Sekedar perbandingan, terakhir saya ke Kebon Binatang Surabaya (KBS) tiket masuknya sudah Rp10.000. Maklum, KBS ‘kan punya koleksi satwa terlengkap se-Asia Tenggara.

DARI salah satu peserta yang sudah mendaftarkan dirinya, ada yang merencanakan mau pake topi kepala kucing. Hahaha!! Kreatif juga. Kalo saya cocoknya pake baju apa ya? Gimana kalo saya pake topeng Batman aja? Ah, nggak ah. Ntar orang-orang pada takut. Saya bingung soalnya, belom punya baju flora fauna sih. Pake baju bunga-bunga? Waow…, ntar saya dikira cowok apaan. Pake baju Catwoman? ah sudah dipake sama si Lala.

KREATIF itu boleh-boleh aja. Bahkan it must to be menurut saya. Dreskod sebagai identitas berfungsi untuk memudahkan peserta kopdar mengetahui satu sama lain. Gara-gara dreskod ini saya terinspirasi bikin ilustrasinya. Silakan menikmati dan mengomentari...

Penasaran pingin ketemu sama saya? *narsis mode on*, ikutan yuk biar seru!!! Semoga kita semua diberi kesempatan untuk niat yang mulia ini
25 blogger komat-kamit

Dukun AS dieksekusi...


ISTILAH "eksekusi" dalam dunia desain grafis berarti menyelesaikan proses akhir dari pembuatan desain kreatif. Tapi eksekusi yang akan diterima oleh Dukun AS beda lagi. Berdasarkan prediksi wartawan, Dukun AS bakalan menghadapai polisi bersenjata api.

SIAPA itu Dukun AS? Menurut salah satu situs berita di internet, Dukun AS atau Ahmad Suradji alias Datuk adalah terpidana mati dalam kasus pembunuhan 42 wanita antara tahun 1984 dan 1994 di Desa Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Busyet!! beneran tuh? Dukun beneran apa dukun-dukunan?

Tentang Gambar:
Sepenuhnya dikerjakan dengan Macromedia Freehand MX. Infografis di atas saya buat semalam, memakan waktu sekitar satu jam mulai dari tracing sampai dengan pengaturan komposisinya.

HOBI mengkritik? atau sekedar ingin menyampaikan sesuatu tentang eksekusi ini? saya persilakan. Pencerahan selalu saya butuhkan
19 blogger komat-kamit

Doanya Blogger untuk Nindya


PUKUL 14:20 HP saya berbunyi, tanda ada sms masuk. Saya dapat kabar kalo mertua Mbak Nindya meninggal dan dia sekarang lagi pulang kampung. Lewat postingan ini saya ingin mengucapkan turut berduka sedalam-dalamnya, semoga arwah beliau diterima disisinya. Dan Mbak Nindya sekeluarga diberikan ketabahan.

Tentang Gambar:
Sebenarnya gambar ini saya buat sebelum sms masuk.
Naskah ide awalnya sebuah doa "semoga dapat inspirasi".
Memang sengaja dibuat guyonan ceritanya, masak minta inspirasi sampai doa segala.
Kenapa nggak sekalian berdoa minta dikasi komen yang banyak. Hehe..


KEMBALI ke cerita.., tapi begitu saya dapat kabar dari sms itu saya coba mengkaitkannya dan ternyata masih nyambung. Ya sudah. langsung saja saya posting di blog.


Punya cacian, makian, pujian, ide, pendapat, hujatan terhadap ilustrasi di atas?? Saya persilakan...
11 blogger komat-kamit

Disaksikan SenimanGoblok


SAYA ingin memperkenalkan teman kreatif saya yang satu ini. Namanya Joko, empunya blog senimangoblok.blogspot.com. Blog dia berisikan kumpulan puisi hasil kontemplasinya selama ini.

JOKO lumayan jago bermain photoshop. Setahu saya hampir di setiap postingannya, gambar yang dibuat adalah hasil olah kreatifnya. Selain main photoshop makanan sehari-harinya adalah Quark Xpress. Nah, makanan apaan tuh? Quark Xpress adalah program untuk layout koran. Istilah lainnya; software desktop publishing.


JOKO adalah Joko. Joko adalah seorang layouter. Joko tidak goblok, melainkan senimangoblok (semoga istilah goblok ini hanya penyemangat dia supaya lebih kreatif saja). Joko adalah saksi saya untuk penarikan undian ANTOWNHOLICONTEST #3 nanti. Makasih ya, Jok atas kesediaannya.
You are the best!!

Catatan:
Joko pernah berpesan pada saya, kotak komentar di blognya sebaiknya jangan dikomentari. Karena tidak akan direspon balik sama dia. Goblok kan?? hehee.... piss ya, Jok
68 blogger komat-kamit

Dikonteskan (5 perbedaan)


YUK ikutan antownholicontest#3. Tema sekarang adalah mencari lima perbedaan. Siapkan mata anda sebaik-baiknya.

TUGAS
anda cukup mudah, temukan lima perbedaan pada dua gambar di atas. Caranya, anda cukup menuliskan kode kotaknya saja. Misalnya kotak C1, dan seterusnya. Kirimkan jawaban ke email saya (lihat profil) dengan subject "antownholicontest", paling lambat 14 Juli 2008. Pengumuman pemenang langsung via email. Jawaban yang ditulis pada kotak komen tidak saya anggap.

JAWABAN yang benar akan saya undi dengan disaksikan Joko (senimangoblok.blogspot.com). Satu orang yang beruntung berhak mendapatkan satu desain gratis "BANNER/HEADER ORNAMENTALIS" dari saya. Banner dengan gaya klasik yang tentunya nama anda bisa dipasang disana dan dipajang untuk mempercantik blog anda. Klik aja linknya untuk melihat contoh desain.

SELAMAT bersenang-senang..., semoga terhibur

Tentang Gambar:
Dibuat dengan Macromedia Freehand.
Terinspirasi dari style gambar saya saat SD (sekolah dasar) dulu.
26 blogger komat-kamit

Dunia Mawar dan Civitas


SEBUT saja mawar (bukan nama sebenarnya). Lho kok bisa sih dipanggil mawar? iya, soalnya rambutnya kribo mengembang kayak bunga mawar yang sedang mekar. Mawar adalah kawan saya ketika masih di UKPM (Unit Kegiatan Pers Mahasiswa) "Civitas" Unmer Malang dulu. Hobinya main gitar, corat-coret pake corel, teriak dan jingkrak-jingkrak sambil nyetel musik jadul atau hawai, dan juga hobi tidur. Komplit dah. Oh mawar dimanakah dirimu sekarang?

KALO nggak ada mawar rasanya CIVITAS jadi sepi banget. Ruangan sekretariat jadi--keliatan--rapi dan tidak berantakan lagi (konon, kalo rapi justru bukan disebut sekretariat). Masihkan dirimu di kampus sana? gimana skripsimu sekarang. Atau justru dirimu sibuk menyiapkan karya buat pameran di dunia maya?

DISKUSI lagi yuk. Diskusi yang santai tapi menarik. Ajari aku main gitar, ntar kuajarkan kamu cara makan yang benar. Huhuhu...

MAWAR..., kalo kamu baca tulisan ini segera balas ya. Saya belum sempat berkunjung ke Malang. Ntar kalo main kesana semoga kita bisa makan bareng lagi. Sebungkus dimakan rame-rame. Hiks, jadi terharu nih.

Tentang Gambar:
Gambar di atas saya buat sekitar tahun 2005-2006 dengan program CorelDRAW dan Adobe Photoshop (sebagian background menggunakan corel painter kalo nggak salah). Kebetulan gambar ini saya simpen di friendster saya--yang jarang kebuka itu. Mawar sebelah kiri dan saya sebelah kanan.
23 blogger komat-kamit

Dunia (Mengajak) Tertawa

Karya saya diantara karikaturis dunia

Karya saya diantara karikaturis Indonesia

Karya saya yang baru masuk ke panitia
Komik (strip), kartun dan karikatur itu berbeda. Terkadang kita suka salah menyebutnya, termasuk saya. Karena tiga istilah ini memang mempunyai kemiripan yaitu sama-sama mengajak orang untuk tertawa atau menertawakan diri sendiri.

Dalam karikatur, ciri utamanya adalah gambar tersebut menonjolkan karakter tokoh yang dimaksud. Misalnya dia suka berbohong, maka hidungnya bisa dibuat panjang mirip pinokio misalnya. Kalo giginya (maaf) agak keluar, maka sekalian aja dikeluarkan. Kalo orangnya cantik? nah ini yang agak susah menurut saya. Karena cantik (bayangkan seperti boneka Barbie) karakter wajahnya biasanya sama dengan wajah-wajah cantik yang lain. Akibat penonjolan pada titik-titik tertentu itu, gambar menjadi tampak lucu dan unik.

Nah, kali ini saya ingin bercerita soal kontes karikatur yang saya ikuti dari internet. Temanya adalah "GREAT ROMANIAN PERSONALITIES". Gambar saya yang saya kirimkan adalah MIHAI EMINESCU, dia adalah tokoh Romantic poet yang aktif di the Junimea literary society. Saya baru sempat bikin satu karya nih. Nanti kalo ada waktu luang saya mau buat lagi.

Seumpamanya nih, karya saya masuk nominasi dan saya dapat prize kesempatan berlibur ke Romania kalian mau oleh-oleh apa? Hihihi, mimpi banget ya bisa ke luar negeri. Ah biasa aja kali. Tapi saya yakin semuanya berawal dari mimpi-mimpi indah.

 
;