Email Saya Segera...

Klik sekali untuk memperbesar gambar di atas

Guess who?? mungkin orang Palembang tahu siapa yang dimaksud pada gambar di atas. Ilustrasi itu adalah wajah Mahyuddin, gubernur Sumsel 2008 yang baru dilantik pada tanggal 11 juli 2008 kemarin.

Membuat ilustrasi Mahyuddin gampang banget. Apalagi dengan teknik tracing Freehand. Kalo kita lemah menggambar langsung dengan tangan (baca: manual), teknik tracing di komputer mungkin bisa anda coba. Saya yakin anda pasti juga bisa. Saya berani menggaransinya. Mau tahu caranya? saya akan berbagi tipsnya kali ini. Tracing dengan program Macromedia Freehand MX. Semoga bermanfaat.

Pertama, impor objek yang akan ditrace. Pilih gambar berukuran besar supaya tidak pecah saat dibesarkan. Letakkan pada bidang kertas yang sudah disediakan. Pada toolbox sebelah kiri pilih "pencil", atau tekan huruf "Y" pada keyboard. Pilih stroke yang tipis aja, misalnya 0,25 pt atau hairline sekalian (sebaiknya jangan gunakan ukuran stroke default 0,3528 pt, karena ukuran ini cukup besar saat dicetak. Apalagi jika gambarnya nanti kecil). Setelah itu buatlah garis outline mengikuti gambar; mulai dari kepala. topi, wajah, mulut dan seterusnya. Kita bisa memulai membuat outline dari yang tidak detail ke detail, atau sebaliknya.

Kedua, Setelah selesai membuat outline, langkah selanjutnya mengisinya dengan warna. Garis yang kita buat tadi kondisinya harus sudah tertutup (closed). Pastikan titik akhir garis kembali pada titik awal garis. Karena kalo garisnya masih terbuka dia tidak bisa diisi oleh warna apapun.

Untuk mengambil sampel warna yang mendekati obyek foto, pilih "eyedropper tool". Klik sekali sampel warna yang akan dimbil, lalu geser ke jendela palet (swatches). Jika belum mirip dengan apa yang kita inginkan, kita masih bisa mengedit warna itu pada color mixer.

Ketiga, beri efek tiga dimensi pada gambar yang kita buat. Gunakan efek "Gradient" untuk membentuk objek supaya kelihatan bervolume (baca: berisi). Permainan warna gelap dan terang juga bisa dipake pada obyek yang detail. Misalnya mulut bagian atas lebih gelap daripada mulut bagian bawah.

Selesai sudah. Gampang bukan? yang perlu kita perhatikan adalah gambar kita akan dicetak atau ditampilkan untuk ukuran berapa. Karena kebetulan gambar di atas dicetak dalam ukuran kecil, maka detail pada gambar sengaja tidak saya terapkan (karena faktor deadline juga).

PRIVAT
Masih bingung dengan tips di atas? saya bersedia mengajarkan secara langsung kepada anda. Saya membuka kursus privat bagi anda yang tinggal di Jakarta. Untuk yang tinggal di sekitar Jakarta sementara belum bisa, mohon maaf karena keterbatasan waktu yang saya miliki.

Nggak punya bakat nggambar? tidak perlu khawatir, karena saya akan mengarahkan anda sampai bisa.
Belum punya komputer sendiri? saya ada solusinya. Semua bisa diatur, tidak perlu khawatir.

Saya mempunyai pengalaman memberikan kursus/privat desain grafis dan menggambar manual kepada anak autis (sungguhan). Bukan blogger yang ngaku autis belakangan. Hehehe.

Bagi anda yang tertarik dengan program kursus/privat ini, silakan mengirimkan saya sebuah email untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Jangan lupa tinggalkan identitas dan nomor anda yang bisa saya hubungi. Biaya bisa dibicarakan lewat PM (privat message). Lima orang pendaftar pertama berhak mendapatkan diskon 10%.


Terima kasih


Bacaan:
http://www.biografi-indonesia.com/ensiklopedi/m/mahyuddin-ns/index.shtml

33 blogger komat-kamit:

mangosteenskin said...

wow antown, cool sekali tips yg diberikan....saya ingin sekali membuat illustrasi secara digital. entah bila saya mampu.

Teuku Zulfikar Amin said...

privat? mau donk....tapi gratis kan??

dee said...

town ngajar anak autis harus sabar bgt loh..
saya yg ga autis aja ga ngerti2 klo diajarin hehe..

Ivana said...

wah, hebat ni blogger kita yang satu ini,punya kemampuan mengajar pula...
(sudah dipuji ni. Gratis kan kursusnya?hehehe

Anonymous said...

Nice tips... (gratis pula) tetap semangat

Anang said...

mas saya kalau nyetir sepeda itu kadang2 pake freehand juga..... hihi

Anonymous said...

wwooo.... gitu toooh... manteb dah ton!

Fahmi FR said...

nah gtu dong bro... berbagi ilmu, lebih baik memberi drpd ntar gue rampok ilmunya (maksa minta diajarin maksudnya) hehehe...
oya, klo pake program Freehand versi sblmnya ada perbedaan ga utk Tracing? thanks

nindya said...

Wah beneran jdnya buka kursus nih... Tuh kan banyak yg bilang gratis..biar tentor-nya masuk surga :p

Anonymous said...

ooh.. dulu bena pernah kursus privat ke mas anton yah.. hahahah

Anonymous said...

Hebat nih si bapak bikin ilustrator pak gubernur :)

Amsterdam - Today said...

Hi bro...gender gw jantan lo bro bukanya betina :)
*biar lain kali ga salah panggil lagi...hehehe

Ciput Mardianto said...

waduh 2 jadi bingung aku

Anonymous said...

ayo buruan daftar bro..
http://festivalblog.sidoarjobangkit.com/

Anonymous said...

Antown! :p kenapa gag bikin satu blog khusus buat tutorial gituh? boleh tuh... yuk mareee... btw met wiken yak! :)

Anonymous said...

garatis kan mas.. saya daftar deh hihii

Anonymous said...

wuiihhh..
makin keRen ajje nih....

pake freehand suLit gag banG?
suaLnah saia make iLustraTor...

Restnrileks said...

wah... lukisan secara digital.. siap ada kursus khas tuu.. bagus bagus dan syabas..

antown.. ada award di blog saya.. sila ambil ya..

selamat hari jumaat dan selamat berhibur :)

UpyL said...

Abaaaang.... aQ smangat bgt pengen bisa tracing pake freehand.Tp lupa mlulu mo install :D Thx ya.. berkat baca blogmu aQ jd inget mo install tu program. Ok.. saya berangkat blajar dl y.Mulai dari nol nie. Do'akan bisa yaaa..

Anonymous said...

ntar malem tak praktekin mas.. freehand kan? target bikin cacing mlungker-mlungker :))

btw, trims tipsnya, seppp

Anonymous said...

mantap.....
but belum coba euy, macromedia freehandnya lum install

Anonymous said...

@mangosteenskin: ayo dicoba dulu, sara..., mudah kok
@slugger: kok gratis??
@dee: hehhehe, harus lebih sabar lagi saya kayaknya
@ivana: kalo gratis berani dari manado ke jakarta?
@anang: oiya, betul itu mas. kalo pake kaki bahaya soalnya
@rama: yup!! yup
@fahmi: secara teknis nggak ada, tapi kalo freehand ama corel beda
@Taktiku: halo, selamat datang di blog saya. ditunggu kunjungan berikutnya
@amsterdam: lha kirain cewek dari dulu? kok nggak bilang sih?
@masciput: kalo bingung pegangan dulu biar nggak jatuh
@tamz: oke udah daftar tamz
@tuteh: capek ngerawat banyak blog. mending satu tapi kontinyu
@emfajar: hari gini gak ada yang gratis, mas
@hellgalicious: gampang kok freehand. ilustrator kan berat??
@rizal: oke, langsung mampir kesana....
@upyl: saya doain cepet bisa, lancar deh!! sukses ya
@taliguci: hahaha, suka cacing kah? cacing apa mie itu?
@ephwan: dicaoba aja dulu kalo dah ada

Anonymous said...

waduh masss....

saya jadi semangat buat ngedesain lagi nih....

.... hmmmm

Ndop said...

suangar dizaine.. dadi pengen selingkuh karo korel nih..

Unknown said...

BBBeuuuhhhhh.... Mas Antown emang paling mamtep daH.... ada video tutorialnya ga Mas????

kirim donk,,, ( gratis tapi :D )

Anonymous said...

heuheu
heuheu
heuhue
heuhue
heuhue

Antown said...

@muhammadamrul: alhamdulillah, ayo semngat terusss
@dzofar: cepetan selingkuh mumpung masih ada kesempatan
@bani: nggak punya vidcam nih, pinjemin dunk :) serius nih
@lala: lalalalalala

Unknown said...

mas cara buat blogspot yang bagus gimana?

Anonymous said...

mas...

Buka cabang di bandung donk,hueuheuhe..

Jakarta bandung deket ini :D

Pengen berguru langsung soalna,secara blm pernah pegang freehand sama sekali... :P

brainwashed said...

waaah semoga payu ya town.. :p saya kepengen belajar juga.. cm waktu saya bingung nih ngaturnya (halah bilang aja blom punya duit fer.. :D)

Antown said...

@anthok gm: hehehe, dikonsep yang bagus aja
@abah: wah...boleh nih kita kopdar di bdg dulu
@brainwashed. hehehe, amin mas

suryowidiyanto said...

asiiik...

ozzy esha said...

wee..mantabs sekali mas anton ini..tangerangnya tinggal dimana mas? ty

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;