Corel, Freehand dan Illustrator







Corel, Freehand dan Illustrator adalah sama-sama program untuk desain grafis yang berbasis vektor. Ketiga software ini sudah diakui kehebatannya oleh desainer kelas dunia. Masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihan pada hal-hal tertentu.

Desain untuk kebutuhan publikasi (baca: koran/majalah) yang biasanya berbentuk ilustrasi atau infografis kebanyakan diciptakan dengan program Freehand. Apa alasannya? program ini mempunyai fasilitas untuk menghilangkan warna spot, yaitu warna yang bukan hasil campuran CMYK (cyan, magenta, yellow, black).

Mesin percetakan hanya mengenal warna CMYK saja. Misalnya nih, warna hijau adalah campuran kuning dan biru. Sedangkan warna hijau yang menyala atau ngejreng membutuhkan tinta khusus yang artinya membutuhkan tambahan uang lagi untuk membuat film khusus. Kalo warna-warna di majalah barangkali masih memungkinkan terjadinya hal tersebut, karena disana bisa dimainkan warna-warna menyala seperti perak, emas, dll. Tapi kalo untuk warna koran? hanya CMYK yang diterima oleh percetakan.

Akhirnya, saya berharap tulisan singkat di atas bermanfaat untuk saya khususnya dan pembaca pada umumnya.

Catatan:

Desain di atas menggunakan program Freehand MX. Klik sekali untuk memperbesar gambar. Kritik, saran dan komentar sangat terbuka.

Bahan bacaan:

http://www.nanangkristanto.com/news.php?id=13

15 blogger komat-kamit:

Anonymous said...

wah... pinternyah... membacanyah otak saya langsung nyut nyut hhihihi :D maklum selama ini isi otak cuma hal2 ringan seperti kapas dan padi :D (padi itu harus karena ntar lapar :p) merdekaaaaaaaah...

Anonymous said...

saya baru tau kalo mesin percetakan itu cuma terbatas pakai cmyk. kenapa cyan dan magenta ya, bukan blue dan red sekalian yg warna primer itu

Anang said...

oo. baru tau nih cuman cmyk to ..

Antown said...

@tuteh: saya juga masih belajar kok
@nita: CMYK warna standard untuk full color, tapi klo mau tambahan ya terserah sebenarnya. Tergantung mau ngeluarin duit lagi apa tidak aja sih. Warna primer seperti merah-kuning-dan biru adalah pengetahuan dasar yang wajib diketahui oleh mereka yang suka melukis dan ini menuntun mereka saat mengaplikasikannya pada komputer nanti. Sedangkan untuk komputer sendiri, dia bisa menciptakan warna standar dan beberapa jenis warna yang lain seperti RGB (red, green, blue). RGB adalah warna cahaya

mangosteenskin said...

wah bagus sekali hasil kerja kamu. kalau ada perisian tapi nggak tau pakai pun nggak ada gunanya. ternyata kamu pandai sih.buat masa ini saya cuma pandai lukis atas kertas.

Rahadian P. Paramita said...

Karya yang bagus! Aku link ke blog dkv-unpas.blogspot.com ya?
Salam!

dee said...

thx infonya mas..slama ini saya tau beresnya aja.. ga ngerti proses di percetakan gimana..mana tau sy kalo mesin percetakan cm bisa nerima warna CMYK..

btw, sebagai org awam, sy menilai gambarmu sangat bagus. perpaduan warnanya juga keren.. objek di gambar itu agak mirip miss monroe yah.. :D

Anonymous said...

wah mas anton emang jago..

nindya said...

baca tentang campuran warna, jd inget pelajaran melukis waktu SMU.. hehehe

rezkitrianto said...

errr..ada tugas corel yg belum selesai.mau bikinin?loh?hahay

Anonymous said...

waaaahhhh kereeeennn....!!!! ;)

Antown said...

@rahadian: boleh2, makasih ya pak udah pasang link saya. makasih udah mampir juga

Anonymous said...

saya kalo bikin vektor yg SELALU pake korel. maklum sudah cinta mate!! hehe..
kapan-kapan ah blajar AI.

oya bos, biar hasil pecetakan sama dengan di monitor kompyuter itu nyetingnya pegimane ya? saya kalo sudah bikin dizain kalender, brosur, cover buku, tabloid dll seringkali warnanya mbleset bos.. tidak sesuai dg di monitor.. jan bikin stress..

Anonymous said...

keren mas...
bisa gak aku dibuatin..:D

Antown said...

@ndop: warna di corel emang gitu ndop. saranku kamu pake freehand deh

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;