Bahaya Rokok



Dua hari yang lalu saya melihat sekilas gambar postingan seseorang di kaskus.us tentang bahaya merokok. Dalam gambar itu tampak bahwa asap rokok yang mengepul ternyata bisa berubah menjadi gumpalan-gumpalan keras yang selanjutnya disebut arang itu (saya bukan tipikal orang yang gampang menghapal istilah bahan kimiawi jadi mudah lupa).

Saking bahayanya rokok bagi seseorang, pernah juga saya lihat poster anti rokok di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) Jakarta. Disana digambarkan banyak sekali akibat buruk yang akan kita terima jika kita menghisap benda mengerikan itu. Salah satu zat berbahaya yang terkandung kalo nggak salah disebut karbon monoksida. Dampaknya bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam membawa oksigen yang dapat menimbulkan resiko penyakit jantung. Ngeri bukan??

Belum lagi akibat pada organ vital kita yang lain, misalnya pada penis atau payudara (digambarkan jelas juga pada poster itu). Ah, saya jadi ngeri mengingatnya kembali. Untung saya tidak merokok, dan bukan perokok pasif kecuali tidak sengaja berada di sekitar mereka yang menghisap rokok.

Merokok bukan untuk kebanggaan dan bukan untuk kejantanan. Merokok berarti merugikan dan membunuh diri sendiri, sedikit demi sedikit. Sebenarnya saya sendiri juga agak heran (sekaligus bangga), karena beberapa ilustrator di media, tempat saya bekerja justru tidak merokok sama sekali. Bahkan ngopi pun bukan minuman favorit mereka. Mending saya minum es jeruk yang seger, tubuh jadi segar stresspun berkurang.

Pernah saya mencoba untuk merokok saat masa SMA dulu, spontan saya batuk lalu berhenti. Tahun 2001 coba lagi, hanya coba-coba saja sih. Untungnya saya tidak ketagihan. Berhubung saya tidak mendapatkan kenikmatan dan saya merasa seperti membakar uang saya sendiri, maka saya putuskan untuk berhenti. Di kehidupan saya selanjutnya, meskipun ada teman yang perokok mereka bisa mengerti dan menghormati saya yang tidak merokok ini.

Senang punya teman yang toleran dan pengertian. Senang juga nanti kalo punya pasangan hidup yang tidak merokok. Karena tidak merokok berarti menginvestasikan nyawa kita untuk menjalani kehidupan yang indah. Tulisan ini bukan kampanye rokok dan bukan ceramah untuk para perokok. Saya cuma ingin menekankan pada diri saya khususnya supaya tetap untuk tidak merokok.

Bacaan terkait:
http://209.85.175.104/search?q=cache:JmuL36hFSvQJ:www.taruna-nusantara-mgl.sch.id/index2.php%3Foption%3Dcom_content%26do_pdf%3D1%26id%3D177+zat+dalam+rokok&hl=id&ct=clnk&cd=1&gl=id&client=firefox-a

29 blogger komat-kamit:

escoret said...

klo rokok ga di rokok..???
kesian banget yg kerja di pabrik rokok..!!!

ridu said...

@escoret : wah, sama aja donk dengan kalimat ini : kalo pelacur gak dilacuri, kesian banget donk yang melacur..

wah ternyata mas anton itu bukan perokok yah.. keluarga ridu dari nyokap itu cowo2nya gak ada yg ngerokok, dari kakek, sampe om, itu semua gak ada yg ngerokok, kalo dari bokap sih ngerokok..

Alhamdulillah ridu gak ngerokok..

*kita bisa menyikapi rokok dengan cara yang cerdas dan dewasa ^^

indo said...

ikut mendukung deh...hehe

antown said...

@escoret: buruh pabrik rokok kan cuma kerja demi upah
@ridu: sudah dewasa ya? hahhaha
@indo: hidup indo!! makasih ya

Anang said...

wa skarang B.. nunggu kekonsistenan ampe Q, X, ampe Z hehe.

saya bukan perokok dan ga mau merokok.. keluarga saya jg bukan perokok.

ashardi said...

setuju...rokok = bakar duit!

SukArtOen said...

halo..makasih dah kasih komen ya..
salam kenal dari tukang orek-orek dari Semarang

SukArtOen said...
This comment has been removed by the author.
marsini said...

setuju...mending minum es jeruk aja yang syegerrr.
sesama penyuka es jeruk nih

hanggadamai said...

tapi anehnya banyak orang yg sudah tahu bahaya merokok tapi tetap saja merokok

pudi-interisti said...

Tozzzzzzz!!!Sesama bukan perokok nih.
Rokok bahayanya sampai ke kantong. Itu yang bikin saya tidak merokok.

kakahelmy said...

Wah, mas Antown suka ngaskus juga to?? Yah, ngeroko salah ga ngeroko salah. Ngeroko jelas bahayanya, gak ngeroko jelas bahayanya jugakarena temen2 lingkungan peroko. Tapi akhirnya saya mah milih ga ngeroko aja. Hemat di kantong, hehehehe....

ALBUMUSIK said...

Wah Gawat juga nih kalau ngrokok dilarang

Latihan Soal Site said...

Yah begitulah Bahayanya Merokok Namun Kalau gak ada yang ngrokok gimana dengan Petani Tembakau,Karyawan Pabrik Rokok dan Pemerintah Penerima Cukai,Plus Para Jagoan Rokok ( Perokok)

Komunitas Sales & Marketing Jogjakarta said...

Cara Cerdas menyikapinya adalah dengan NO COMMENT ( Soalnya saya perokok Sih)
Salam Kenal

speakup said...

kebetulan saya juga ngga' suka merokok mas,hehehe...
dan paling ngga suka kalo ada orang yang merokok di dekat saya soalnya saya kan jadi kena dampak negatifnya. Lepas dari masalah kesehatan, orang yang merokok itu meninggalkan bau yang (......), yang entah mengapa sering bikin saya risih dekat-dekat mereka
maaf ya, buat yang perokok tapi,memang lebih baik buat kantong dan kesehatan kalo kamu berhenti merokok

Tiwi said...

ngerokok bukan aja mbakar duit, tapi juga jantungnya jadi item kena nikotin...
makanya aku jauh2 deh ama orang lagi ngerokok, soale aku kena asapnya juga.

alex said...

asl.

saatnya meninggalkan hal yg tak berguna dan merugikan kita.

Alhamdulillah sy udah lama berhenti total dari merokok

antown said...

@anang: belajar konsisten yuk
@ashardi: yoi, makasih
@sukartoen: tetap berjuang untuk kartun indonesia
@marsini: minum bareng yuk kapan2 hehe
@hanggadamai: kamu ngerokok nggak mas?
@pudi: sepakat men
@kakahelmy: ngaskus buat hobi ajah, lingkungan kerja sih banyak yang udah jadi kaskuser
@albumusik: semangat berkarya tanpa rokok bisa kan?
@latihan: mikirnya kok smpe seetu sih? yang penting kan kesehatan kita terjaga
@komunitas: maturnuwun atas kunjungannya
@speakup: jangan ngerokok selamanya van, sayangi hidup kita
@tiwi: pernah lihat jantung asli? bukannya paru2 yang kena?
@alex: alhamdulillah...

yuswae said...

Merokoklah sebelum kamu dirokok

dwihandyn said...

Wahai para perokok...
Berhentilah merokok...
Hehehe...

Mee said...

Saya juga ndak gitu suka sama laki - laki perokok. Tapi bapak dan teman dekat saya perokok, meski ngga termasuk yang berat. Piye jal?

Ernita D said...

ngerokok udah ketinggalan jaman. perokok semakin tersingkir... buktinya kini ruang gerak perokok di berbagai negara semakin dipersempit

natazya said...

heuh memang rokok bahaya banget! heran deh sama orang yang udah ceking, penyakitan, susah duit, tapi tetep ngebelabelain ngeroko! bencinyaaaa

ga dosa sih... tapi kalo bisa ga ngerokok kenapa musti toh?

rizky said...

Untung aQ bukan perokok ya oOm???

Jadi gak perlu khawatir??? kkekekek

brainwashed said...

klo aku ngrokok bukan untuk gaya2an ya.. tapi lebih ke kebutuhan. anehnya malah klo aku lagi batuk-pilek justru sembuh gara2 ngrokok..
klo ngrokok pun liat2 tempat, jd masih tetep menghargai mereka yg ga suka asap rokok. perokok atau bukan, pokoknya saling menghargailah. :D
aku gak menganjurkan untuk merokok, lebih baik jgn ngrokok deh!aku jg ga mau selamanya jd perokok. piss ah..

Rezki said...

Burn money and burn soul.isnt it?

Humor Lucu Ngakak Ketawa said...

Merokok memang Bahaya
Tapi lebih bahaya lagi kalau tidak ada yang merokok...
he..he...( Lah khan buruh pabrik entar pada demo Mas..)

torasham said...

waduuuh, kenapa aku baca artikel ini yah...?
aku ini perokok berat sekali.....

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;