Budha, Ya?



Vektorika adalah e-magazine berformat PDF yang bisa didownload secara gratis di vektorjunkie.com, diproduksi oleh Mas Godot Guntoro, salah satu orang penting di "BabyBoss Magazine". Cover vektorika edisi ke-9 dengan tema "ASIANA" ini adalah kompilasi dari karya seniman vektor, yaitu Ranger Bastard-Indonesia (rangerbastards.com), Amenth-Indonesia (theyhatemydesign.net), dan Ida Belogi-Italy (www.b-9.it).

Saya pernah jadi pemburu majalah ini beberapa tahun yang lalu karena sempat kepincut sama keindahan desainnya. Kali ini saya akan sedikit membicarakan tentang cover majalah ini. Bagaimana menurut anda tentang karakter Budha yang terpampang indah setelah disentuh dengan desain? apakah ini sebuah penghinaan karena sudah merubah bentuk aslinya ataukah ini karya seni.

Berbicara soal agama terkadang terlalu sensitif jika kita tidak bisa menyikapinya dengan dewasa. Makanya kita semua wajib untuk menjadi orang pintar. Minimal ngerti dan bisa mengambil sikap. Hemat saya, kita kudu sedikit hati-hati dalam bertindak tanduk.

Rekan kerja saya, yang cukup lama bergerak di dunia seni rupa, menganggap bahwa cover depan majalah ini tidak perlu dipermasalahkan, karena itu adalah karya seni. Toh juga tidak ada tendensi apa-apa kecuali untuk pencapaian estetika semata.

Teman saya yang lain, seorang kartunis menilai gambar ini cukup kreatif. Meskipun kita melihat gambar Budha di sini tidak ada yang sama kecuali pose tangan dan rambut yang menggelembung di atas kepalanya.

Sebelah kiri Budha digambarkan seperti robot dan berambut rasta, bagian tengah Budha digambarkan seperti sedang jatuh cinta--penuh dengan bunga-bunga, dan disamping kanan Budha digambarkan dengan kuku panjang dan wajahnya penuh riasan.

Pada beberapa wawancara dan pengamatan yang saya lakukan, gambar Budha yang seperti ini tidak menjadi masalah. Bagaimana dengan publik??

Mau komentar atau mau melamun cari kalimat cerdas? saya persilakan...

20 blogger komat-kamit:

Rezki said...

Ah..bagus kok.apa yang perlu dipermasalahkan.he3

Anang said...

bagus kok. tp bener masalah agama memang sensitif. apalagi bagi yg fanatik.. bisa dituduh macem2 dan penistaan agama

rizky said...

Emang master freehand kita ini gak perlu diragukan lagi kok!!!

Lulusan SMSR top mar ko top, bung!!!!

hanggadamai said...

*masih melamun nyari kata2*

diorockout said...

No comment..
*kabur*

Mama Rafi said...

bagus kok, tp yah masalah agama emang paling sensitif.

Raffaell said...

Mang sadis sadis tuh keluaran vector junkie... mbikin nya sabar banget yha.... gak kaya aku

ToimToim said...

karena aq bukan umat buddha, jd-nya gak bs komen apa2.Takut salah ^^
Klo di komik2 sih sering buddha-nya digambar perkasa sbg background jurus2 kungfu...

rita said...

diluara dari penelusuran makna,(gak gitu paham makna gbr budha..... gambarnya lebih bagus ko'
salam kenal ya...

christi said...

bingung jg mo komntar takut salah ngucap..tp kalo diliat kreatifitas sih sah2 aja..

Balisugar said...

Ah keren aja biar rambur rasta.

kwatir pada apanya, gambar itu kan tidak bermaksud merendahkan apapun.

hanya imajinasi manusia tentang suatu keindahan. Menurut ku sih...

Ernita D said...

sy bukan umat buddha, tp selama ini yg sy tangkap umat buddha gak terlalu sensitif dg yg namanya begitu ya, spt juga umat kristiani...gambar kepala buddha dan rupa yesus (termasuk simbol salib) misalnya banyak disablon pada t-shirt dan gak ada yg ribut. gambar buddha yg dimuat itu keren sekaaliii...seandainya ada t-shirt-nya sy akan beli:)

Kristina DIAN Safitry said...

no problm tuh kalo menurutku. tapi gak tau klo bgi orlain ya.

btw,daku mampir bentr.kondisiku lom stabil

antown said...

Melihat respon di atas rata-rata ternyata tidak mempermasalahkan untuk membuat gambar budha dengan sedikit modifikasi. Wah, saya dapat masukan baru nih.
Gimana kalo saya buat desain kaosnya? kira2 laku nggak ya?

Benazio R.P said...

yoi, keren abis gambarnya, jadi modern gitu kaya robot hehe.

salah satu jagoan juga ya ternyata . hehe

dee said...

saya pesen kaosnya satu dong mas..

astrid savitri said...

Setuju...

Bikin desain kaos aja!

Aldi said...

Halo Bung Antown pa kabar, bung Anton, anda ini Muslim kan? kl begitu jangan membuat simbol2 agama lain, eit bukan ekstrem lho, tp ketentuannya begitu.

Desain Visual itu batasannya ada jg, apa yg anda bikin akan anda pertanggungjawabkan di akhirat nanti, jd kl mo bikin desain kaos, yg lain ajalah..masih banyak kok objek2 lainnya ya kan..?


Dan terus terang ni, budha itu kan gak jelas yg mana, di belahan bumi sebelah sana gendut, sebelah sini gak gendut2 amat, sebelah sana agak pendek, penampilannya jg beda2, warna patungnya jg dll.. jadi tuhannya org Budha itu yg mana jg gak jelas, beda2.

- Desain dan Agama itu adalah hal yang tdk bisa dipisahkan -

sy dah lama gak lihat blog anda nih, ternyata dah sukseh toh sampai jkt..yah gabung2lah dgn komunitas Islami :)

bagsholic said...

to begin with , g adalah penganut agama Buddha. G lebih suka bilang "I believe in Buddha's teaching" and "I Love It". :) Sekarang masih suka research mengenai agama ini. Nah apa yang pernah g pelajari ketika masih SD, Buddha itu bisa berwujud dalam apa saja yang ia ingini. Bisa berwujud wanita ataupun pria. (Ini katanya guru agama g waktu itu Bapak Siginting).

Mengenai gambar diatas, menurut g, itu adalah hasil kreatifitas individual. Saya pribadi sebagai penganut agama Buddha, tidak merasa terhina.

Namun kalau mau di print diatas kaos untuk dikomersialkan 'demi meraup keuntungan' ... hmmmmpphhh... I wouldn't do that.

Si GintinG said...

bisa belajar sama mas gak

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;