Belajar dari Peta Buta



Saat masih SMP dulu saya pernah dapat pelajaran geografi. Hal yang paling menakutkan bagi saya adalah menghapal peta buta. Disebut peta buta karena dalam peta tersebut tidak diberikan penamaan sama sekali.

Dibalik ketakutan saya, itu sebenarnya ada juga yang membuat saya senang, serasa menjadi rada gimana gitu. Teman-teman di sekitar tempat saya duduk sering minta tolong dibuatin gambar peta. Saya nggak tahu kenapa mereka nggak bisa gambar peta. Padahal kalo salah mungkin juga nggak terlalu kentara. Si guru juga nggak mungkin ngukur sampai segitunya. Terkecuali ada pulau, sungai atau gunung yang hilang. Atau mungkin karena ada legenda yang belum ditampilkan.

Hari ini pekerjaan membuat peta malah menjadi makanan sehari-hari. Tidak lagi menggambar peta secara manual, tapi sudah digital. Tidak hanya Indonesia saja tapi malah dunia. Tangan jadi keriting bukan karena sering ngetik, tapi karena kebanyakan buat path (tracing gambar). Hahaha....

Saya akhirnya dapat pengalaman dan ilmu baru. Ini sangat menyenangkan rasanya. Dari pengalaman membuat beberapa peta daerah itu, saya akhirnya menjadi tahu bagaimana kota Bandung yang terkenal dengan gedung satenya itu, juga tahu bagaimana kondisi desa di Kecamatan Tanggulangin-Sidoarjo terancam lumpur lapindo. Itu hanya sedikit contoh saja.

Semakin banyak terjadi bencana alam semisal banjir, gempa, angin, atau gunung meletus maka semakin banyak pula pekerjaan yang akan dilemparkan pada saya. Saya tahu ini tidak mudah. Tantangan semakin besar dan harus bisa saya taklukkan (kayak apa aja ya?)

Dan suatu saat saya bermimpi bisa membuat peta yang bisa tampil di halaman depan koran skala internasional. Mungkinkah?? padahal masih banyak daerah di Indonesia yang belum saya hapal. Jalan-jalan yuk biar lebih mengenal daerah kita sendiri

Gambar infografis yang saya buat di atas diterbitkan pada tanggal 10 Februari 2008 saat banjir bandang melanda Situbondo-Jawa Timur.

17 blogger komat-kamit:

nita said...

dulu nilai pelajaran geografi saya gak pernah bagus. paling gak ngerti kalau disuruh mengukur dan buat perbandingan utk bikin peta. tapi sejak kecil suka banget kalau lihat peta dunia (bukan peta buta lo) dan globe, sambil melamun kalau besar nanti harus bisa keliling dunia:)

indo said...

paling suka kalua disuruh gambar peta..serupa tapi tak sama *alias ngira2 :D

Anggie said...

Waduh, dulu aku seneng bgt waktu disuruh isiin peta buta, ngarang semua tapi bener :))

Anang said...

saya malah paling suka pelajaran geografi apalagi masuk bab peta2, naluri lelaki yg doyan membaca gambar drpd teks

antown said...

@nita: akhirnya doanya terkabulkan, selamat!!
@indo: iya, itu maksud saya. Semua orang pasti bisa kalau mau mencoba
@anggie: hebat euy
@anang: emang cow kayak gitu, nang? hahaha

cie said...

waduh gw paling gak suka buat peta! gak bisa...

rita said...

disuru buat peta??? repotttt...
buat peta dikoran skala internasianal? pasti bisa dong, misalnya lagi ada bencana alam di indo yg agak unik, mengundan keingin tahuan khalayk international,(contoh tsunami) disitu tantu selain berita, juda dibutuhkan letak geografis nya...

pudi-interisti said...

Mas...bisa pesen peta ama GPsnya sekalian? Gratis bisa? Pesen satu!

ridu said...

yee.. kan mas anton jago gambar, kan gak semua orang bisa gambar..

ridu paling suka tuh pelajaran geografi gitu.. sangat menyenangkan..

ngafandi said...

MENGGAMBAR PETA, harus bisa menggambar dan ngerti geografi..dua hal yang saya gk bisa banget :D

Si Jagoan Makan said...

Info grafis yang ada di koran, sangat membantu banget, terutama bagi orang yang suka jalan, nyari tempat makan yang oke. *eh, sorry ton. Aku sukanya liat peta makanan doang..heheheh

hanggadamai said...

jadi inegt pelajaran geografi

astrid savitri said...

satu-satunya peta yg bisa saya buat adalah..peta menuju rumah saya, hehe...

Fiz said...

Nilai A untuk gambarnya. Met berkarya...!!!!

juliach said...

Hidungku adalah GPS-ku. Bagaikan anjing aja, bila dibuang pasti balik sendiri ke rumah. Kecuali kalo punya mobil sendiri, pasti tak pernah balik-balik...

rizky said...

Itu ya... tugas seorang Ilustrator??
Sulit juga kalo bikin Peta seperti itu!!!!

Rezki said...

Waduh..jadi kangen ama pelajaran tentang peta buta.hehe

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;