Anjing, Babi dan Sayuran


Setiap hari saya menemukan karakter yang unik pada diri manusia. Karakter itu menjadi sumber inspirasi saya dalam berkarya. Ada yang suka berpenampilan sok gaul, anak band, gila bola, punkers, metroseksual, seniman, hingga jamet (jawa metal), dan masih banyak lagi. Istilahj Jamet saya pinjam dari kartunis Benny and mice dari karyanya yang berjudul "100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta".

Percaya atau tidak sesungguhnya perbedaan itu indah. Dengan perbedaan maka kita bisa saling mengisi dan menutupi kekurangan yang ada. Ada mur ada baut, ada nyamuk ada anti nyamuk, ada yang jelek ada yang cakep, ada polisi ada penjahat dan seterusnya. Coba seandainya semua orang itu baik maka penjara akan kosong dan tidak ada penghuninya, lalu mau dikemanakan pekerjaan sipir? atau kalo misalnya semua orang itu jahat bukannya penjara pada penuh?

Kegiatan yang menyenangkan bagi saya adalah mengamati seseorang. Mengamati bagaimana dia berpakaian, bagaimana dia berucap, bagaimana dia menggunakan bahasa tubuhnya. Yang penting kan nggak menggunjingkan (orang lain). Hehehe...

Tapi perbedaan juga bisa memicu konflik. Maka pengetahuan tentang antar budaya juga kudu kita pelajari. Ah jadi ingat kuliah saya dulu. Saya punya teman dari A-Z yang artinya mempunyai latar belakang berbeda-beda. Jika salah satu terpancing emosinya bisa-bisa nama binatang bisa keluar dari mulutnya. "Anjing, Babi Lu!! bukan gue yang ngambil", kira-kira seperti itulah yang (tidak sengaja) sering saya dengarkan.

Sebenarnya, untuk melampiaskan kemarahan, menyebut nama-nama binatang sepertinya kurang sopan untuk dipraktekkan. Kalau saya boleh mengusulkan nih, gimana kalo diganti dengan nama sayur-sayuran. Jadinya kayak gini deh, "Asem lu, ini kan punya gue". Nggak kasar kan??

Dengan demikian saya berharap tidak ada lagi konflik lantaran perbedaan budaya yang berbeda. Nggambar lagi ahh.....

27 blogger komat-kamit:

ridu said...

wew.. nice idea.. kalo ridu palingan dengan kata "dodol" hehehe..

speakup said...

wah, jadi ingat dengan postingan saya yang "dasar bambang"hehehe..
soal perbedaan, saya setuju...itulah yang membuat dunia indah, karena kita semua saling melengkapi,hehehe

Raffaell said...

Kalo aku lebih sering bilang Mencret! kampret, bolot, ngepet... wahahaha, oh ya, kambing conge... wekekeke

bataviase said...

paling kreatif org betawi: 'nape lo cemberut gitu kaya kol dicukain...
hehehe, tks uda mampir ke bataviArt.
karikaturnya oke punya, kumpulin baek-baek buat modal bikin buku atw pameran, ye

citra said...

Setuju pake sayuran...
kalo aq ma temenku sering pake ini: Jengkol lu...!
:p

mZ.aNgGie said...

kadang ngga enak juga denger orang yang ngumpat pake kata2 yang nyebut isi kebun binatang..hehe...

LiSan Skywalker said...

kalo aku suka bilang, kunyitloee... ^o^

wennyaulia said...

iya juga ya

tapi saya sering bilang,"oalah...ngguanteng tenan sampeyan iki..." buat nyindir temen yang sering nyebelin :D

diorockout said...

Hahaha, bener2..
luv vegetables..
asem-asem..

astrid savitri said...

setujuuu...

daripada sok2 misuh pake bhs enggris atau isi kebun binatang, mending misuh pakei isi kebun sayur atau kebun bunga...

btw; thanks buat pujiannya ya! I really appreciate it. And thanks juga bwt ngejawabin bbrp komen yg masuk, haha..belom pernah ada yg begitu baiknya...

Fiz said...

Hmmm... pada dasarnya moral (akhlak) seseorang itu terlihat dari reflek yang diucapkan atau diperbuatnya. BTW tukeran link dong, dah lama terpasang tuh...!!!!

ToimToim said...

dunia ini emang diciptakan dgn banyak perbedaan, bung.Mangkanya anda sbg ilustrator mendapat berbagai inspirasi dr pelbagai perbedaan itu, kan?

antown said...

@ridu: dodol? enak dunk kenyang?
@speakup: hehe, nggak niru postinganmu lho :)
@raffael: parahan lagi tuh...
@bataviase: boleh tuh tawarnnya, saya tunggu yak
@citra: jengkol bau dunk!
@mz.anggie: kadang enak berarti kadang bisa jadi gak enak?
@lisan: hahaha, bisa juga ya
@wenny: nyindir tapi ngenyhek hehehe
@diroockout: seger tenaaan
@astrid: makasih juga atas kunjungannya
@fiz: ooo, udah lama ya :)
@toim: tebakan yang pas

sha said...

assalamualaikum,

Ooo.. klo ak biasany ngomongnya dong dong dong dong(kya di ceriwis yo wis hehehe). Iya bgmnapun perbedaan itu indah.
Eniwei ak bkn org jabar mas, org solo hehehe..:)
Eniwei jug ad info ni mas, ad pameran komik di summitmas mas, yg ngadain the japan fondation. smoga bermanfaat..:)

gajahkurus said...

hehehe, postingan yang cukup menarik. Betul kawan, ketika emosi memuncak maka sisi hewani manusia muncul, jadi rasanya tidak aneh orang marah sering menyebut nama binatang. Akan jadi lucu kalo marah misalnya nyebut "rambutan" lu! hahaha...
Tapi sebaiknya memang menghindari mengucapkan nama binatang, lebih baik lagi kalo bisa meredam amarah :-)

elyswelt said...

kangkung tenan :D

Si Jagoan Makan said...

hahahaha...aku kalau pegel sama orang, pasti tak panggil "Woiii dasar Telo !"

lemonjuz said...

ngomong2 soal perbedaan,
blog merupakan sarana yang tepat untuk menyatukan orang2 dari berbagai kalangan... bener2 komunikasi lintas budaya terjadi di blog...
wkk wkkk wkkkkkk

fitri said...

eh, nama binatang jg boleh. tapi ganti yang imut2 deh coba. contoh, "dasar kelinci!! balikin buku gw!" atau "heh panda lu!!". tuh kan malah jadi cayang2an... kqkqkqkq

ViE said...

Kalo ngatain temen dengan "Durian lo!" Bawaannya jadi pengen makan temen deh. Soalnya daku penggemar durian sih!

Kampret Nyasar said...

Sepertinya kata2 kebun binatang itu adlah cerminan ungkapan rasa cinta mereka :D

brainwashed said...

idenya keren town..haha..boleh dicoba nanti.. tapi klo bagi saya, bukan perkara dengan kata apa mereka mencela, saya lebih ke bagaimana 'nada' org tersebut melampiaskan marahnya.. :D thx bro.

Ernita D said...

kalo sy marah biasanya nada suara meninggi. kalau kebon binatang keluar, wah, bisa2 dipecat dr kantor dan keluarga. pengalaman dg teman2 mereka kalo marah lebih sering pakai kata yg menyindir dan sinis, telak deh pokoknya...jadi meski dikatakan pelan bisa buat wajah serasa tertampar:P

antown said...

@sha: ooo cah solo, iya aku sudah dapat infonya. thx
@gajahkurus: rambutan? hahaha... suwer pingin ketawa saya, gak jadi pingin marah
@elysweit: jadi tumisan nih..?? :)
@jagoan makan: pasti deh, nggak jauh dari urusan perut
@lemonjuz: yeah...
@fitri: pit, kalo panda itu nama tmnku. ada lho.. beneran
@kampret nyasar: pkbar afrika?
@brainwashed: makasih atas kunjungannya
@ernita: pletaaaak!! aduuh... sakit

Jeblog said...

Hehe bisa aja "Asem" Gimana kalau manis kayak Sugar

langitjiwa said...

saya pernah melihat di kick andy tentang jamet itu,hahahahaha...

Rezki said...

Kakakak..wortel lu..hahaha

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;