Fall in White

Desain menggunakan Macromedia Freehand MX

WARNA hanya sebuah simbolik. Lalu bagaimanakah warna dalam konteks cinta? Secuil tulisan ini hendak meneropongnya dari sudut pandang desain grafis.

Lambang cinta atau kasih sayang secara universal disepakati berwarna pink atau merah. Tidak percaya? Silakan dibuktikan saat momen valentine—yang diperingati setiap tanggal 14 februari itu. Segala asesoris desain mode, kartu ucapan, poster, hingga casing handphone dianggap “lebih berbicara” jika berwarna pink atau merah. Masih ingat burung Flamingo? burung besar warna pink berleher panjang yang beberapa tahun lalu masih banyak kita temukan sebagai simbolisasi cinta.

Warna pink atau merah di sini berhubungan dengan bagaimana seorang manusia jatuh cinta dengan sesamanya. Dua warna ini mewakili soal pertemuan hati dua insan yang dilanda badai asmara.

Tapi bagi Slank, grup band yang bermarkas di Gang Potlot Jakarta Timur itu, warna cinta belum tentu pink atau merah. Dalam sebuah penggalan liriknya saya menemukan ada tulisan seperti ini; Cinta… itu putih, itu pasti, itu tinggi. Mengapa cinta justru berwarna putih?? “Cinta putih” nya Slank ini menurut hemat saya karena dilandaskan atas kemurnian jiwa, yaitu cinta atas kasih dan sayang. Mencintai segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

Dalam desain bertema religi pun, cinta atas nama Tuhan atau cahaya ke Esa-an Tuhan kebanyakan digambarkan dengan warna putih, bukan yang lain. Seperti campuran warna RGB (baca: red, green dan Blue) cahaya monitor Anda yang ketika dicampur jadi satu pada angka 255 maka akan menghasilkan warna putih. Bingung ‘kan sama tulisan ini?? Saya justru lebih bingung dari Anda.

Kebenaran hanya milik Tuhan, dan kesalahan adalah milik saya. Mohon maaf jika ada yang kalimat yang kurang berkenan. Silakan dikoreksi atau ditambahkan demi kesempurnaan celotehan ini.

39 blogger komat-kamit:

brainwashed said...

pertamaaxxx...
antown bicara cinta.. hehehe lagi fall in love apa ya? :L :y

cm mo koreksi.. gang potlot itu di jakarta selatan mas, daerah pancoran. :D

Antown said...

@brainwashed: iya saya tahu itu di jakarta selatan, tapi bukannya udah masuk jakarta timur?? kan perbatasannya perempatan KFC basmar itu 'kan? atau perempatan duren tiga?

Ainur Rohman said...

Esensinya emang pink atau merah town, tetapi bagi yang benarbenar mendapati cinta sejati, substansi benda itu tentu akan bersinar putih. Cemerlang tentunya.Atau mungkin bahkan bening.

Saya kira warna tidak hanya simbol town. Itu jauh mewakili pikir dan rasa kita. Juga tentang cita-cita, harapan serta impian.

Seperti merah putih itu. Namun, entah siapa yang bilang ini pada ku. selama merah tetap di atas putih Indonesia akan tetap penuh dengan masalah. Kekerasan, konflik dan kebencian. Ini lah jadinya, jika keberanian tidak didasarkan pada cinta tulus, cinta yang adem penuh kasih...

Tony said...

apa cinta berhubungan erat dengan warna ya ?? *kabur* :D

dee said...

warna cinta saya: hitam..
hitam yg identik dengan kesuraman, kesedihan, bs dipoles dengan warna-warni tambahan..merah, hijau, ungu, atw malah polkadot..
hasilnya luar binasa..

Antown said...

@ainur rohman: makasih atas komennya, mas. maksud saya terkadang untuk memeri warna pada sesuatu itu gampang2 susah, coba beritahu saya apa warna air, apa warna suara musik? dsb. Kalo merah putih dimaknai seprti itu saya baru denger nih. Thx sekali lagi
@tony: tidak erat juga sih, justru cinta malah memberi warna
@dee: kok misterius gitu Dee?

-GoenRock- said...

Cinta tidak hanya dibutuhkan untuk hubungan antar makhluk Tuhan atau antara makhluk Tuhan dengan Tuhannya, tapi cinta juga dibutuhkan untuk perkerjaan yang kita lakukan. Melakukan pekerjaan dengan rasa cinta, hasilnya akan lebih maksimal! Mwakakak! Saya ikut nyerocos ngawur, maapkeun

-GoenRock- said...

Asyeng malah lali, warna cintaku opo yo? Hmmm... kalau aku depend wae lah. Kalau buat bahasa visual ya sudah jelas merah, tapi kalau aku lebih setuju sama Slank, cinta itu putih. murni tanpa alkohol *loh*

Budimeeong said...

:t bingung juga ya mas...masa campuran merah, ijo dan biru bisa jadi putih.....

Tuhan memang Maha Besar :y

Antown said...

@goenrock: goen, komentarmu sungguh membuat hatiku lega. kau cukup bijaksana goen. sungguh....suwer *traktir bakso donk :t
@budimeong: iya, itu kan warna RGB, beda sama warna CMYK yang biasa kita kenal ;)

fenny said...

waduh ton, aku cinta atopun patah ati tetep ae doyan warna biru. laperpun tetep kepikiran warna biru...

brainwashed said...

ttg potlot: hehe mungkin saya yang keliru, maafkan sayaah :D

ttg cinta: saya blom berani mengartikan cinta, yang ada dalam pikiran saya, cinta itu agung, luhur, murni tanpa paksaan, tulus tanpa pamrih, tanpa meminta untuk dicinta, tanpa menuntut balas, sejuk, lepas, lembut, halus. mungkin kepala ini terlalu sempit untuk mengartikan cinta, sehingga membuat saya berat untuk mengumbar kata cinta.

klo ditanya ttg warna cinta, saya pilih warna teduh.. :D

awan-clickerz said...

wuih, ending nya filosofis bgt,
bingung sih enggap, cuman kepala agak oleng dikit..tuh teori betulan ya..

Antown said...

@fenny: hidup generasi biru!! lagi2 judul SLANK...
@brainwashed: tidak dimaafkan kecuali satu porsi bakso hahaha. wara teduh itu yang gimana mas? saya kok malah bingung. Yang soft atau pastel gitu??
@awan: dipegang aja kelapa eh kepalanya biar gak jatuh...

Rezki said...

ah...saya bingung..:#

nita said...

yg sering saya denger kalo lagi jatuh cintrong dunia serasa berwarna-warni, katanya sama juga dg orang yg lagi fly drugs, dunia juga jadi warna-warni kayak pelangi

putih itu bukan warna kan? meski terbentuk dr percampuran warna primer, putih bukan warna, sama dg hitam. putih adalah terang, hitam adalah gelap. dulu di sekolah waktu belajar lingkaran warna, gak ada putih dan hitam

warmorning said...

jadi kesimpulannya kaw slanker yg jatoh cinta pada ...? Hmm saya masih yakin dgn warna hitam sbg penyeimbang sang putih

Cebong Ipiet said...

waaah kalo ebong jatuh cintah tipi hitam putih 14 inch berasa tipi berwarna 21 inch

Antown said...

@rezki: kalo bingung duduk aja khie, biar gak jatuh
@nita: saya ingin sedikit klarifikasi mbak, putih memang bukan warna yang tercampur dari CMYK, tapi putih akan dianggap warna jika campuran dari RGB (warna cahaya). Di lingkaran warna itu ada warna hitam, warna itu terbentuk dari wrna2 campuran
@warmorning: ah gak ngerti saya kalo soal SLANK

Antown said...

@ebong: harus banyak bersyukur kalo jatuh cintamu rada aneh gitu, bong! wekekekek

ndop said...

AKu suka putiiiih.....

usb memory stick said...

Bagi orang seperti saya yg bukan orang design kadang suka bingung kalo design2 maen warna asal aja karena memang ga ngerti pewarnaan, tapi kalo masalah cinta ngerti hehe..

print design said...

Putih itu enak dipandang, bersih, liat google web nya ga ramai tapi putih bersih

kerudung said...

Web ini masih blom dibetulin yah? masih kenah hack

tealight holders said...

Saya bukan orang desain sih, jadi blom bisa maenin warna, maenin warnanya sekenanya aja hehe...

USB Sticks said...

Sepertinya mesti di update lagi nih blognya, artikelnya bagus2 :)

Door jamb said...

Isi artikel desain nya sangat menarik, desain backgroundnya bagus mas

meja kantor said...

Blog nya masih blom di betulin kang?

Penjernih air said...

Desing2 nya mantap kang

Brankas said...

Wah sayang nih mas blognya sudah bagus, tinggal di benerin aja

Blog said...

Apakah masih bisa di betulkan blog nya?

Busana muslim said...

Design nya keren2 mas :)

Timbangan said...

Terima kasih design nya mantap2 mas

paket tour bali said...

Background blognya di bikin komik jadi menarik

Rent car jakarta said...

Nice design bro, thanks

teralis jendela said...

Update donk bro blog nya?

timbangan digital said...

Mantap gan

Jual peralatan kantor said...

Thx artikelnya mas

Timbangan Digital said...

Kapan waktu aku call mas kadang aku butuh graphic design juga.

thanks

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;