Caroq Mati?



Apa yang anda bayangkan saat mendapatkan dua kata di atas? Anda langsung membayangkan fenomena kekerasan di Madura? Kalo iya itu wajar, karena kata tersebut identik dengan senjata tajam (sajam) yaitu clurit. Menurut budayawan Sumenep, Ibnu Hajar, carok adalah sebuah pembelaan harga diri ketika diinjak-injak oleh orang lain, yang berhubungan dengan harta, tahta, dan wanita. Intinya adalah demi kehormatan”.

Tapi bagaimana dengan Caroq dengan kata yang berakhiran huruf "Q"? caroq adalah sebuah komik Bandung yang digagas oleh Ahmad Thoriq. Menurut informasi yang saya dapatkan, komik ini lahir pada tahun 1995 dengan format hitam putih. Baru setahun kemudian komik ini muncul kembali dengan tampilan berwarna alias full colour.

Komik caroq adalah komik yang berkualitas. Banyak komunitas komik atau pegiat komik mengacungkan jempol. Kualitas komik ini hampir setara dengan komik amerika. Maka tidak heran jika alirannya pun juga bergaya amerika banget. Sungguh menakjubkan, sejarah mengatakan caroq pernah dicetak sampai dengan 10.000 eksemplar dan laku keras.

Bagaimana dengan saat ini? ternyata komik caroq menjadi buruan para kolektor komik. Saya pernah berdiskusi dengan seorang teman katanya mereka (para kolektor) rela merogoh koceknya untuk mengganti satu komik caroq. Saking langkanya. Bayangkan coba, betapa berharganya komik caroq dalam sejarah komik nusantara.

Caroq hari ini mungkin telah mati, entah apa penyebabnya. Ratusan atau bahkan ribuan penggemar komik sudah lama menanti dan berharap caroq hidup kembali. Siapa yang bakal meneruskan perjuangan Ahmad Thoriq dkk?

Daging Tumbuh
Daging tumbuh adalah Eko Nugroho. Daging tumbuh adalah kompilasi komik underground fotokopian yang lahir di Jogja dan menyebar ke penjuru Nusantara, bahkan mungkin di sebagian belahan dunia. Daging tumbuh semakin dikenal oleh banyak kalangan saat muncul di pameran komik atau event lainnya.

Meskipun fotokopian, daging tumbuh mempunyai eksistensi yang jelas. Dari jalur teman ke teman daging tumbuh didistribusikan. Secara underground tentunya, karena saat dicetak jumlahnya cuma 200 eksemplar. Selebihnya, silakan dibajak sebanyak-banyaknya.

Satu komik mati, seribu komik bersemi kembali. Bangkit terus komik Indonesia!!

Bahan Bacaan:
http://mkiers.multiply.com/journal/item/12
http://komikazemedia.tripod.com/arsip/02-04-06komiklokal90.htm
http://posmo.wordpress.com/2006/07/21/carok-sarkasme-orang-madura/
http://komikazemedia.tripod.com/arsip/02-06-03-daging_tumbuh.htm
http://komikazemedia.tripod.com/haramjadah/edisi003/jogjacomicscene.htm
http://komikaze99.multiply.com/journal/item/2/THE_DAGING_TUMBUH_THE_MAGIC_OF_PHOTOCOPY

12 blogger komat-kamit:

Anang said...

kalah sama komik jepang! hm, kapan ya komik2 jepang diburu kolektor karna langka. hm kayaknya gak mungkin deh

Anang said...

kalah sama komik jepang! hm, kapan ya komik2 jepang diburu kolektor karna langka. hm kayaknya gak mungkin deh

Budi Setiawan said...

komik kita harus lebih original... dulu saya senang banget ama komiknya si Petruk dari Tumaritis...

Toim said...

mungkin caroq mati krn takut dibajak ^^
dan lg gak ada penerbit yg serius mau nerbitin komik bgs ini....

hanggadamai said...

wah salute tuk kreatifitas yg terbentuk..
terus maju dalam berkreatifitas..

Ernita D said...

disini juga banyak kolektor komik...harganya mahal2, apalagi komik2 jadul superman, spiderman, dll harganya bisa sampai ribuan dolar...mari mulai koleksi supaya ntar kalo kurang duit bisa jualan komik:P

antown said...

@anang: jepang pinter main strategi
@budi: mikirin originalnya susah, mikirin karakter yang indonesia banget juga susah. malah komikus indonesia denger2 dah ada yang gabung sama marvel comics
@toim: ah... masak sih?
@hangga: semangat!! ganbatte!!
@ernita: jualan komik? hehehe, pekerjaan sampingan aja kali ya

sha said...

assalamualaikum,

maju teruuusss komik indonesiiiaa!! ayoooo bikin komikkk yg banyaakkk:D

pudi-interisti said...

Komik karya anak negri ya???
Pernah bandingin ama yang di luar negri sono?
Kalau bagus kenapa langka ya?

Rezki said...

Huwaa.jadi inget harga komik sekarang naek.huwaaa

oRiDo™ said...

jadi inget dulu pas di kampus..
pas pertama kali komik caroq ini aku liat..

yups..
semoga komik indonesia semakin maju..

Antown said...

@all: semoga saja...

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;