Adalah Stimulasi Awal



Apa yang dapat anda ceritakan dari gambar di atas? Percaya tidak bahwa bahasa gambar itu bisa menceritakan seribu makna? Dari satu gambar kita--juga-- bisa mendapatkan banyak ide untuk menulis. Tentunya dengan menggalinya terlebih dahulu.

Kira-kira tulisan apa yang terkait dengan gambar itu? kita bisa menulis misalnya tentang graffiti, tentang anak jalanan, tentang carut marut tata kota, tentang rambu-rambu lalu lintas, dan sebagainya. Jadi sebenarnya kita tidak perlu bingung lagi untuk menggali ide tulisan. Apalagi tulisan yang sifatnya "bebas" kayak di blog-blog kita ini. Karena kita--terkadang--ingin blog kita (yang ter)bagus, jadinya kita selalu kepikiran bahwa kualitas tulisan juga harus bagus. Bukan begitu?

Sekarang kita tebak-tebakan aja yak?! Gambar di atas itu diambil di daerah mana hayuu? ada yang tahu nggak?? yap, itu adalah perempatan pramuka. Sebelah kiri adalah arah ke jl. Pramuka (wilayah jakarta timur), dan sebelah kanan adalah arah ke tugu proklamasi (dekat kost saya), tapi kalau lurus kita akan menuju ke terminal kampung melayu, kalibata dan seterusnya. Perempatan ini adalah perbatasan antara jakarta timur dan jakarta barat (mentang-mentang pernah ngecek di peta gitu ya).

Tidak jauh dari perempatan ini, sekitar 500meter, kita bisa melihat ada toko buku Gramedia yang katanya terbesar se-Asia Tenggara itu. Gedungnya gede, ada empat lantai. Patokannya adalah jembatan penyeberangan busway kedua setelah perempatan ini. Soalnya dulu saya pernah punya pengalaman "kebablasan" waktu naik KOPAJA 502 hehehe, jadi pingin malu saya. Gara-gara mikir yang nggak jelas sih.

Di perempatan ini juga, saya sempat menyimpan rasa khawatir--yang katanya Jakarta itu serem. Maklum, baru beberapa minggu menginjakkan kaki di Ibukota sedangkan imajinasi masih terbayang si kapak merah.

Jadi, tiap hari sepulang kerja saya turunnya di kolong perempatan ini. Kenek angkot menyebut tempat ini "pos". Sambil menikmati gambar grafiti yang sudah tidak bagus lagi, dengan mata lima watt saya melangkah kaki sampai ke Jl Matraman Dalam. Beli sarapan, istirahat sebentar lalu tidur dan bangun sampai terdengar suara bedug. Begitulah setiap hari.

Benar kan kata saya? saya jadi ngelantur cerita ngalor ngidul gara-gara melihat satu gambar saja. Gimana kalo gambarnya ada sepuluh?? Bisa-bisa habis waktu saya untuk bercerita. Bahasa gambar adalah stimulasi awal. Selanjutnya, silakan dicoba sendiri...

15 blogger komat-kamit:

Raffaell said...

Bagus lagi kalo ada gambar gitu, mending ada gambar daripada tempelan iklan....

haha

Kristina DIAN Safitry said...

waduh...dakyu malah buta dengan bahasa gambar. tapi kalo bahasa tubuh aku ngerti,hua..ha..ha...

carra said...

aku paling suka menikmati grafiti :D soalnya kadang pesan2nya malah "masuk" ... salut buat para seniman jalanan seperti itu

sha said...

assalamualaikum,
ooo..gbr di perempatan situ, hehehe deket rmh ak mas, tiap hr lwt situ, tp gak pernh konsen ma gbrny, soalny jln disna padat bgt, berbahaya klo ad gbr dsna(mnrt sy mas)..

speakup said...

Halow...
benar tuh...
inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk gambar.
satu gambar aja bisa menghasilkan lebih dari 1 cerita bila kita melihat dari sudut pandang yang berbeda,hehehe...
tetap semangat nge-blog,ya?
aja aja fighting!!

rizky said...

Graffity itu Hobby ku...? aQ dulu waktu skull Coret2 tebok SMSR...
Itu kan hasil pemikiran kita yang tak terbatas Benerkan Oom???

nita said...

terakhir th 2006 ke jkt belum liat ada grafiti itu. soalnya sering juga lewat jalan itu

antown said...

@raffael: betul juga ya?! tapi gambarnya kalo dah kotor harus diganti juga
@kristina: ajarin dunk!
@carra: tiap kali ada graffiti udah diabadikan blom?
@sha: wah dekat dunk
@speakup: sama nih pemikirannya
@rizky: di SMSR saat jamanku belim ada kesempatan coret2 kecuali di kanvas hehehe

Yessi Pratiwi Surya Budhi said...

Hmm.. itu gambarnya sengaja dimiripin The Simpson ya, orang2 nya?

:D

pudi-interisti said...

Untung nggak semua tiang jalan tol ada gambarnya!! Bisa2 habis waktunya buat cerita gambar. He..

dee said...

waktu saya kuliah, saya pernah ikut kuliah gak formal alias diskusi di bawah pohon rindang tentang semiotik. Salah satu yg dipelajari adalah interpretasi gambar..

Adieska said...

Om Anton emang ga ada matinya kalo masalah grafis. Kalo lagi males buat tutorial atau postingan tentang gambar karyanya sendiri, dia akan membahas gambar yang unik2. Salut om... Keep the gud work. Kalo om bisa menuangkannya in english, aku yakin blog ini akan dikunjungi banyak orang dari berbagai negara :)

christi said...

o skr ada grafitinya ya..kok ga prnah perhatiin..kmrn lwat pemandangannya jln macet aja sih. En betul2..kalo ide tulisan emang bisa dr mana aja..

dew said...

Yg depan Bulog Gatsu masih ada gak?

Makasiy udah mampir.

ucok said...

saya tau siapa yg bkin mural pada foto itu. :D

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;