Ambulannya Mau Lewat


Mobil ambulan melaju cepat membawa korban yang sudah sekarat. Mulutnya megap-megap. "Wah... gawat", kata pak sopir. "Ada si komo lewat...", lanjutnya.

Kebanyakan, pada body mobil ambulan tipografinya (baca: tulisannya) sengaja dibuat terbalik. Dengan demikian tulisan akan mudah terbaca oleh mobil yang ada di depannya. Bagaimana caranya? Betul. Caranya cuma pake kaca spion.

Harapannya adalah mobil yang ada di depan bisa mengalah ketika mobil ini jalan, lebih-lebih yang lain bisa mundur dan tidak berebut merajai jalan. Namun fakta berkata lain. Mobil beserta kendaraan lain seolah acuh--tidak peduli dengan si ambulan tersebut. Inilah salah satu cerminan budaya masyarakat kita. Sungguh memalukan sebenarnya.

Ambulan tak bisa lagi berada di depan. Bahkan sering terjebak dalam himpitan kendaraan milik tuan besar. Kasihan si korban dalam ambulan, yang sedari tadi harusnya sudah mendapatkan layanan dari dokter-dokter pintar itu.

Ini terjadi nggak hanya di Sidoarjo, Surabaya, Malang, atau Jogja. Di Jakartapun juga demikian. Semoga ini jadi cerminan bagi mereka yang punya kendaraan, supaya mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadinya. Dan semoga tidak heran lagi kenapa tulisan ambulan suka terbalik.

Gambar diambil dari http://www.treehugger.com/files/2006/11/nexo_the_argent.php

18 blogger komat-kamit:

Febra said...

tapi kadang2 supir ambulan juga ngaur.. ga ada korban sirine dihidupkan biar jalannya bebas hambatan :|

deaky.web.id said...

mungkin kebanyakan orang lebih berpedoman sama budaya antri. jadi yg di depan duluan, jgn asal yerobot

mungkin gitu kalee ^_^

Annie said...

wah.... annie bru tau...:)

semoga annie gx heran lagi..;))

biar gx ketara2 banget katronya..wkekeke...

ToimToim said...

kurang tuh rasa empati-nya ama si sakit.Kadang aq pengen sih minggirin motor ke samping jalan, tp apa daya, kadang gak dikasi tempat :(

sha said...

assalamualaikum,
cerminan masyarakat yg uda gak pduli ma sesama

Balisugar said...

Antown mampir nih...btw keren banget anak kecil ditato photoshop

pudi-interisti said...

mungin perlu jalur tersendiri buat Ambulance dan PMK. Biar juga gak mengganggu pengguna lalin lainnya. itu kayaknya solusi yang oke. Gmn?

Si Jagoan Makan said...

bikinin jalur khusus aja..kayak busway. Dijamin lancar jaya

antown said...

@febra: sungguh keterlaluan, memanfaatkan kesempatan
@deaky: hahaha, bisa aja
@annie: siip
@toim: motornya dikasi sayap aja biar bisa ke atas :)
@balisugar: siapa dulu yang buat (bukan saya lho)
@pudi: habis dunk jalur umumnya
@si jagoan makan: dana buat ngurusin konversi minyak tanah ke gas aja susah kok

tehaha said...

gambarnya futuristik..
bagus..
:)

Kristina DIAN Safitry said...

pesan satu gambar bos.....*smbil ngacung* tolong dibuatkan gambar ambulans terbalik atau melayang di udara kayak film kartun gitu lho,he..he...

yus said...

enak gawe heli ae, sam...
heli, gukgukguk.
heli..heli..heli gukguk.

Ayu Ambarsari Hanafiah said...

yah gitu lah mas, keadaan negara kita sekarang..
ga mau tau..
acuh dan dan berasa hidup sendiri2 aja.

saya juga kadang kesel ma kendaraan yg gga mau minggir klo denger sirine ambulance.

tapi pernah loh mas, ambulance tuh 'boong'.
gga ada pasiennya, eh sirine dibunyiin! huuuhh.

biar cepet aja gitu jalannya! x)

nita said...

belum lagi kendaraan2 lain yg "ngebonceng" di belakang ambulans supaya bisa ikutan ngebut. soal ambulans ini, ayah saya pernah dipindah ke rs lain cuma buat nge-rontgen doang...eeh, sirene-nya dipasang sama supir ambulans. waktu ayah saya tanya kok di pasang kan pasien gak emergency, supirnya bilang,"biar cepat nyampe, pak"....

ridu said...

ada tuh sekarang petugas medis pake motor gitu.. buat mencegah keterlambatan dalam penanganan medis di jalan raya yg sangat padat dan macet.. btw gak di bahas juga hantunya?? hehehe..

antown said...

@tehaha: yang buat pinter ya?
@Kristina: requestnya susah amat
@yus: cuma pasien tertentu bisa naik heli
@ayu: Sopirnya semaunya sendiri
@nita: sopirnya mungkin udah nahan laparnya
@ridu: informasi yang bagus ridu. Tapi apa mereka bisa bawa banyak peralatan? jangan2 cuma kotak P3K?

quelopi said...

di Padang sih ambulance masih dihargai, mumpung jalanan blon padet

rizky said...

Ambulan yang aneh... ya????

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;