Ancaman Vector Art



"Gmbr cp tu?..Gmbrny bgus..Keren.."
. Alhamdulillah, ternyata masih ada yang suka sama ilustrasi saya yang jauh dari sempurna ini.

Ilustrasi macamnya banyak. Menurut sumber (http://staffsite.gunadarma.ac.id/) ilustrasi dibedakan menjadi (1) Foto, gambar, sketsa (2) Kartun (3) Diagram, Skema (4) Grafik, Tabel. Saya akan menambahkan sedikit disini. Secara fungsi, ilustrasi untuk menggambarkan atau menjelaskan sesuatu; maka infografis juga termasuk bagian daripada ilustrasi. Untuk penjelasan mengenai infografis sudah pernah saya angkat di blog saya sebelumnya--yang sekarang kena hack itu. Naas banget sih, belum ada yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan saya (lho kok jadi curhat?!)

Dalam pembuatan ilustrasi infografis, program yang bisa dipake pada umumnya adalah program berbasis vektor atau garis. Program yang dimaksud adalah freehand, corel dan illustrator. Karena sinergisitas antara vektor dan bitmap masih dibutuhkan, maka photoshop tidak bisa ditinggalkan. Sampai disini ada yang membingungkan dengan penjelasan saya di atas? (Hooo... semuanya membingungkan!!!)

Dewasa ini, ilustrasi vektor menjadi andalan bagi mereka yang suka desain pop art (Hmm, makanan apalagi tuh??). Pernah mengamati kaos yang dipake Pasha, vokalis Ungu, kan? yang selalu pake kaos merk "BLACK ID" itu? Tiba-tiba saja ilustrasi atau desain gaya ini meledak dan jadi trendsetter di beberapa komunitas (baca: kalangan anak muda). Hanya karena sentuhan ilustrasi vektornya. Bayangkan aja...

Dengan bantuan olahan vektor, permainan bidang dan warna menjadi tegas dan lebih eye catching. Kata mbah buyut saya kayak gitu. Distro-distro baru kemudian muncul satu demi satu. Alhasil, kaos mereka (yang terkenal dari Bandung itu) mampu mengalahkan kaos-kaos yang lebih dulu populer di pasaran. Mengalahkan bukan berarti mematikan lho. Merk-merk yang saya maksud diantaranya adalah Dagadu, Dadung, Joger, C59, dll.

Tapi celotehan di atas itu cuma versi saya aja. Silakan diklarifikasi kalau ternyata ada yang salah. Dan silakan pesan ilustrasi sebelum anda terpaksa harus antri. Hwaa ha ha. Piss ya!!

22 blogger komat-kamit:

Anonymous said...

sy ndak kenal vektor, kenalnya cuma si viktor tetangga sebelah rumah...heheheh. ndak soal yg penting gambarnya bagus pake baju jambon senada dg warna gincu-nya

Eucalyptus said...

Bagus tuh gambarnya, walopun saya gak ngerti untuk apa ... he he, maklum saya orang gaptek

Anonymous said...

Gaya baru dalam trend graphic design... ya itu, vektor

Anonymous said...

ancaman vector art,

ancaman kemalasan designer juga nih sekarang...
karena banyak yang gratis, tinggal donlod.. tempel modif dan jadi...

ah.. apa kata teman-teman!! MAlu... :(

gak nyambung yah.. hehehehe

Anonymous said...

assalamualaikum,

Untung gak ditambahin ma autocad, 3dmax dsbny hehehe...bs puciiink..:D
Iya kalau freehand, corel dan illustrator lbh ke vektor atau garis, sedangkan photoshop lebih ke titik, mksdny mas antown mgkn klo pd gbr tangan(sket) itu kan elemen tkecilny(bwt gbr) adalah titik, lalu garis, lalu bidang, lalu 3d, dsb-ny. Nah sm kya gbr tangan(sket) komputer pun disetting kya gitu, freehand, corel, illustrator lebih kpd ke vektor(dsr gambarny dr garis2)sdgkan photoshop lbh kpd k titik(dasar gbrny).
Wah mas bgs gbrnyaa.. klo freehand ma illustrator sy blm bs, corel ma photoshop, 3dmax dikit2, gape-ny ma autocad waeee..:D

Anonymous said...

Mampir ajah gak tau menahu soal gambar...

Anie said...

duh.. ga ngerti nih soal vektor2 :D

Mulyadi Pasaribu said...

Wah... vector net, itu nama warnet t4 saya jaga om :) mudah2an vector net ga buat ancaman ya om :)

Aku ga ngerti2 amat tentang yg bgituan. Walaupun sedikit2 bisa pake photoshop, freehand dan coreldraw :)

christi said...

wah brarti cocok nih tulisan ttg ini dibuat krn trnyata pada ga mudeng tntang vector art tms saya..jd inget plajaran matematika

Ivana said...

wuiihh...
gambar aku yang paling bagus saja kalah gambar yang kamu bilang jauh dari sempurna.
soal gambar otak yang aku ceritakan,tu anak-anak disuruh mengikuti gambar otak yang ada di textbook. soal dibagus-bagusin, aku sih buatnya maksimal tapi kok hasilnya kayak sengaja dijelekin,ya?huahahaha...

Antown said...

@nita: salam ya buat kang victor tetanggga mbak :)
@eucalyptus: makasih dah mampir
@raffael: entah sampai kapan vector art akan lenyap
@adhi: gpp kok, ntar kita sambungin rame2
@sha: boleh dunk saya diajari 3Dnya huhuhu
@balisugar: thx udah mampir
@anie: hehehe, vektor itu makanan anak desain grafis
@adiska: kok kebetulan sama ya namanya?? sori lho :D
@christi: mbak rini bisa aja. suwun mbak yo
@ivana: kayaknya ivana pantas jadi calon juri gambar nih

Anonymous said...

makanan apaan tuh. kagak ngerti. semacam steak lada hitam gitu yach?

btw, bahas sedikit tentang fotografi dunk

Anonymous said...

kebetulan ridu bukan orang desain, jadinya kurang ngerti sama istilah2 itu..

tapi itu bagus kok gambarnya bro.. ajarin ridu donk..

Anonymous said...

beuuh, jago animasi rupanya

Anonymous said...

Lama² jd pengen belajar vektor

rizky said...

Oom ngedit fotonya pake apa..? Di Trace Corel apa pake Adobe Ilustrator

Annie said...

hmmmm.... cantik nih modelnya...wkekeke...

*ngelirik kak Anton penasaran tuh ciapa...*

Ilustrator yg ok...:D

pudi-interisti said...

Wah..kalau yang ginian mah saya dodol!!!Ngomong2 itu ilustrsi ceweknya ya?

Antown said...

@deaky: bahas fotografi? usulan yang bagus nih
@ridu: boleh2, insyaallah saya suka bagi2 ilmu kok
@hanggadamai: itu namanya gambar vektor
@ifa: ayo belajar bareng aja
@rizky: pake freehand itu riz. full manual
@annie: hi annie... makasih dah mampir lagi
@pudi: saya nggak bilang gitu lho ya :D

Ivana said...

hai..hai...
balik lagi...
tengkyu sudah ngasih komen.
Memang, kita harus memikirkan segalanya lebih dulu sebelum bicara.
Aku tunggu postingan blog plus gambar-gambar yang lain,ya?
keep drawing!!!

Anonymous said...

wah vectorny abaguz.Klo boleh tambah neh wajah terlalu cubby, ne dikarenakan sisi gelap si pipi masih agak kurang pas dengan backgfroun warna.Kalo tambah natural vector akan lebih manis lagee neh.
Kalo ancaman vektror is so cool.Karena dengan vektor kita lebih kreatif dan imajinatif.Tapi sayangnya gaya vektor sekarang kebanyakan dari tracing tool2 software jadi tinggal selangkah aja.Apalagi vektor art lebih identik drengan menjiplak.

Anonymous said...

lanjuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;