Edy Caplang; Pemenang Kontes#4

DARI 76 tulisan yang masuk di kotak komentar saya, hanya 20 orang yang memberikan komen sesuai dengan tema kontes. Selanjutnya saya pilah lagi, 14 komentar terpaksa kena diskualifikasi karena tidak memenuhi syarat yang ditentukan (baca: tidak sesuai dengan ketentuan umum yang sudah diatur). Lalu sisanya? Tinggal 6 komentar yang akan saya pilih satu; terbaik dari yang terbaik.

Tulisan yang inspiratif, fokus (baca: tidak bertele-tele) dan mengandung substansi itulah yang akan saya cari. Penilaian secara objektivitas—apa adanya akan saya junjung tinggi di sini. Nggak akan ada keberpihakan deh, okeh…?!.

Baik, saya sudah menyaringnya lagi. Sekarang ada tiga tulisan yang menurut saya mantap secara ide, bukan tata bahasa lho ya. Pertama, karya Budiernanto. Kedua, karya Edy Caplang. Ketiga, karya Ucii Autish. Di bawah ini saya lampirkan komentar asli mereka (tanpa saya edit sedikit pun) tentang “Peran blogger dalam mengisi kemerdekaan”

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ikut aah..


Blogger itu seperti wartawan, ia mempunyai medianya sendiri untuk menyampaikan suatu peristiwa kepada khalayak umum. Adalah kewajiban seorang blogger Indonesia untuk mengharumkan nama Indonesia lewat web log ini. Apakah caranya susah? Sepertinya tidak, toh bikin blog aja gratis kan.


Selain peristiwa2 yang banyak terjadi, mengapa para blogger tidak menonjolkan kebudayaan dari masing-masing daerahnya? Jangan sampai Visit Indonesia hanya sekedar undangan sekilas saja. Bukti dari lemahnya Indonesia adalah, masyarakatnya yang kurang bahkan tidak tahu mengenai kebudayaan daerahnya masing2. Sebagai blogger yang doyan jalan-jalan dan ujung-ujungnya di buat tulisan di blog, seharusnya ikut me-review tentang kebudayaan Indonesia. Betapa kayanya kebudayaan Indonesia di negara kepulauan ini yang masyarakatnya majemuk.


Menambah pengetahuan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat sekiranya mampu menghilangkan perbedaan yang begitu kompleks. Yang akhirnya kita yang notabene adalah masyarakat heterogen menjadi sadar bahwa perbedaan adalah sesuatu unik. Perbedaan ini lah yang seharusnya diulas oleh blogger di blog-nya masing-masing. Cara ini dimaksudkan untuk menambah rasa nasionalisme kita sendiri terhadap Indonesia. Selain itu kita sendiri mampu menyaring budaya luar yang sekarang dapat kita rasakan masuk tanpa hambatan, yang akhirnya malah menghilangkan sendiri kebudayaan asal kita.


Apa korelasi sebuah budaya dengan kemerdekaan Indonesia? Sebenarnya kemerdekaan ini dimaksudkan untuk mengingatkan bahwa Indonesia ini terdiri dari 33 provinsi dan ribuan pulau tersebar yang dihuni oleh masyarakat yang tidak saling tahu-menahu satu sama lain. Akses informasi sekarang selain telepon yang sedang sibuk perang tarif adalah internet. Aaah, begitu mudahnya kita memberikan informasi tentang kebudayaan Indonesia kepada orang lain di pulau seberang bahkan ke seluruh dunia hanya dengan menulis sesuatu di blog-nya. Indonesia saat ini membutuhkan eksistensinya kembali, Indonesia sudah cukup tua, Indonesia butuh kebudayaannya yang beragam.
Selamat Ulang Tahun Indonesia, semoga di umur ke 63 ini, kebudayaan-mu tetap utuh.

(Budi Ernanto)


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

tehnologi internet masih jadi barang mewah
dari sekian banyak yg bisa ngakses internet, hanya sebagian yg punya email. dari yg punya email, lebih sedikit lagi yg punya blog.

nah dari ygs edikit punya blog ini mestinya bisa memberikan sesuatu terhadap negara. wujudnya bisa berupa kritik, keilmuan, diskusi antar-bloger lewat blognya masing-masing (hal ini saya lihat masih jarang di blog berbahasa Indonesia). segala hal yg diberikan pasti bermanfaat sekecil apapun.


salah satunya bisa lewat penggunaan bahasa di blog. apa mesti yg baku? ga juga... tergantung sasaran mana yg hendak dituju. lagian kalo bahasa formal udah jatah media massa. blog dan bahasanya jadi kekayaan tersendiri buat bangsa ini. asal jangan pake bahasa yg terlalu banyak singkatan dan jadinya aneh.

jadi saya percaya Indonesia masih bisa bangkit. salah satunya dengan "perang" ide lewat media blog. menulis bukan hal yg sulit, juga tak mudah. dengan belajar menulis otomatis kita belajar membaca dan mencerna pikiran orang lain. MERDEKA!!

(Edy Caplang)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

hii.. kontestanny jago2 :-SS
diriku udah mikir2 tapi yah apadaya bisanya gini doang..

Para blogger bisa mengisi kemerdekaan dengan memerdekakan dirinya sendiri terlebih dahulu. Negara kita sudah merdeka, berarti rakyatnya juga kudt merdeka. Seperti apa memerdekakan diri sendiri? Yaa.. menjadi individu yang pantas sebagai penerus bangsa nantinya. Lalu mengapa hal ini perlu?

Kalo kita sudah merdeka, berarti kita sudah siap dong. Kita tau bagaimana atau apa yang seharusnya kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan. Misalnya para blogger dapat membuat tulisan bermanfaat tidak hanya untuk warga Indonesia. Lebih baik lagi apabila memperkenalkan budaya atau apapun tentang Indonesia. Apapun yang membuat blogger Indonesia dan Indonesia sendiri baik dipandangan orang-orang diluar sana.

Nah, kalau diri sendiri sudah mantap, kita bisa ngajak orang-orang untuk memerdekakan dirinya dan sadar akan kewajibannya dalam mengisi kemerdekaan. Banyak contoh blogger yang sudah atau dapat dibilang mengisi kemerdekaan. Misalnya gerakan blogger peduli lingkungan, demi mewujudkan Indonesia yang sehat dan bersih. Semarak 17 Agustus dengan membuat posting mengenai kemerdekaan Indonesia. Termasuk kontes inilah. Dan banyak lagi contoh yang lainnya. Bahkan menurut Uci, dengan ada semangat untuk melestarikan atau mengharumkan nama bangsa, itu sudah termasuk mengisi kemerdekaan.

----sekian

hidih, bener gak kayak gitu? malu euy asal nulis aja. lieur ah :P
(Ucii Autish)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bismillahirrahmaanirrahiim…, dengan ini komentar terbaik saya berikan kepada Edy Caplang. Selamat yaaa….k, Hurray!!! Plok plok plok….
Buat seluruh partisipan saya ucapkan terima kasih banyak karena sudah mendukung kontes#4 ini. Jangan kecewa ya, masih ada kesempatan pada kontes selanjutnya. Hanya di blog saya; antownholic Hehehehe. Semoga saya dan blog saya diberikan panjang umur. Amien

Buat Mas Edy Caplang anda berhak mendapat desain e-cards “Selamat Menjalankan Puasa Ramadlan” dari saya ukuran postcard (148mmx100mm) dengan kualitas high resolution. Silakan mengkonfimasi saya via email untuk naskah/materi desainnya. Sesuai dengan ketentuan umum yang telah diatur, naskah/materi desain saya terima selambat-lambatnya hari senin (25/08) pukul 00.00 WIB. Jika lebih dari itu maka hadiah akan dianggap gugur atau hangus.

Salam kreatif!!


22 blogger komat-kamit:

Anonymous said...

weh kok bisa menang :D bener-bener hadiah penutup cuti saya nih hehehehe
senin aja kali ya saya kirim materi desainnya
makasih atas hadiahnya, mas

Anonymous said...

selamat buat yang menang. jadi pengen nih ikut lomba. kasi2 tau donk mas, kalo diadaain lomba :D. hehehe. kapan mo mentraktir?? *padahal udah lama gitu. hahahaha. :D

Anonymous said...

haha, saya ngga menang.. *sedih

Antown said...

@edy: senin udah terakhir lho mas. Lebih dari itu saya anggap gugur. Waktunya kurang 2hari lagi. Terakhir hari senin berarti mas punya waktu 2 hari lagi. Minggu dinihari udah harus saya terima :)
@muni: yaaah, kemanaja aja kamu hihihih, sering2 kesini yaak
@dororodo: makasih2 udah ikutan....

Anonymous said...

yahhh nto..gw telat ikutan nih :)

Anonymous said...

hiks, hiks gag menang rek...

wis coba lagiy aj..

Anonymous said...

Wah..ada lomba beginian di blognya mas antown.. Kayanya saya harus rajin berkunjung ke sini nih.. Eh..mas, link aku donk di blogmu...

Restnrileks said...

syabas kepada pemenang2 itu yaaa..

Antown said...

@sigit: iya bro, padahal udah ada beberapa minggu yang lalu
@cisthouse: sesuk dicoba meneh ok.
@arthworks: untuk bisa dilink di blog saya harus rajin kesini mas, soalnya saya suka bingung kalo semuanya di link. Tampilan blog saya rasanya aneh

Anonymous said...

wah...selamat....!!

kang klo da lomba lagi, hadiahnya bisa lukisan nggak !?!? :D

Anonymous said...

Aha...kang Edy teh emang bakat juara euy...
Selamat selamat ah....

Restnrileks said...

lupa.. heppy friday

dan selamat hari minggu..

jangan lupa ATCs.. hehehe.. kalau terhantar lambat sedikit pun saya boleh tunggu.. huhu

Antown said...

@afwan: ente mau pasang iklan? boleh aja atuh, biar tambah besar hadiahnya....
@akiherry: mas edy bagus idenya
@rizal: semuga saya bisa mengatur waktu ya, mas. minta doanya

Anonymous said...

memang pantas kok menang..isinya berbobot nggak kayak komen saya!
sedikit tapi tidak berisi!
wekeekekke!

Anonymous said...

untung saya ga ikutan mas...
pasti ntar saya yg menang :mrgreen:

eeh... saya ada diftar orang baik-baik...

wakakakakak...

bis atambah beken nih gw...

Anonymous said...

wah telat taunya saya.. hahaha

Antown said...

@trendy: wwwuuuh, jangan minder gitu dunk....
@lala: lala emang baik hati dan tidak sombong. Suka membantu sesama blogger
@rama: kamana wae akang?

rezkitrianto said...

besok besok kaloada ginian ikut lagi ah...biarpun ga menang..hehe

brainwashed said...

selamat ya mas edy caplang, top, keren euy.. hehe selamat juga untuk yang belom menang.. selamat untuk antown.. selamat untuk semua blogger :D

Antown said...

@rezki: terus mencoba khie, bagus-bagus....
@brainwashed: tuh mas edy, dapat salam dari blogger jatinegara hehehe

Anonymous said...

wah....... congratz buat yg menang deh :)

btw, link Panda kok ga ada yah ? :(

Anonymous said...

tuh, kan percuma kalo aku ikut, tulisan2 di atas sudah sangat bagus dibanding saya.. waakaka...

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;