Elemen Desain

SALAH satu elemen desain adalah garis. Garis dibentuk oleh sekumpulan titik yang rapat satu sama lain. Fungsi garis selain untuk membatasi juga untuk meningkatkan keterbacaan kita pada sebuah tulisan. Sebagai contohnya, perhatikan bon/nota di bawah ini.

Jika garis-garis itu tidak ada, mata kita bisa kehilangan arah dalam membaca. Bisa-bisa satu porsi soto ayam dihargai sama dengan satu es kopyor, atau harga satu es kopyor dihargai satu teh botol. Nah lho! Menguntungkan bagi pembeli, merugikan bagi penjual. Eitsss!!! stop!! Jangan ngiler ya bayangin menu yang kami pesan saat kopd[art]#2 di Ancol tadi siang .

Okeh, kembali lagi soal garis. Variasi garis juga bermacam-macam bentuknya. Ada yang tipis, tebal, tebal tipis, putus-putus atau kombinasi. Coba ambil koran di sekitar anda. Lihat, amati, dan rasakan..., betapa garis bisa membantu mata kita untuk membedakan mana itu misalnya berita utama, mana itu berita features, dan seterusnya. Dengan garis, layout (baca: tata letak) koran pun jadi tampak rapi nan indah mempesona *lebay

Semoga bermanfaat!!

Bahan bacaan:
http://gugundesign.wordpress.com/2007/08/07/elemen-desain-grafis/
http://belajardekavesatu.blogspot.com/2007/10/elemen-elemen-desain.html

Kopdar ini menurut saya cukup berkualitas!!
Makasih buat Mas Fery dan Ebong yang sudah mendukung kopdar ini

22 blogger komat-kamit:

lala said...

tampaknyah kopdar kali inih ada yg traktir-traktir...

sigid said...

ya... garis bisa jadi penegasan juga ya? :h

Antown said...

@lala: ada seksi konsumsinya, La
@sigid: yaelah, ente sudah ngantuk rupanya.....

asyafe said...

Mas antown... what do U think about my blog? masukannya sy tunggu :P

sawali tuhusetya said...

saya oernah mencoba juga untuk menekui masalah desain dan grafis, mas anto. sayang, dasar nggak serius dan ndak punya bakat ke sana, akhirnya jadi berantakan. makasih, mas anto, setidaknya bisa memicu semangat untuk kembali mencoba belajar grafika.

budiernanto said...

.................menerima undangan kopdar.

kopdar mulu nih, hahahaha.

nita said...

makanya saya lebih suka nulis di buku tulis bergaris, soalnya kalo tanpa garis tulisan suka mencang-mencong

iis sugianti said...

OOT:Kepada rekans smuah, Iis dan keluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, semoga amalan rekans semua berkah dan mendapat imbalan yang setimpal dari Alloh SWT. Amiieen.

bowbee said...

Mantap pembahasan soal garisnya. JArang banget, atau ga pernah ada ni kayanya blogger yang membahas soal garis selain anda...

Lah, harganya jangan disensor dong... Kita kan jadi ga bisa bandingin harga... :D

brainwashed said...

thx jg ya town.. dah diajakin kopd{art}#2 yg lucunya liat ekspresi muka mas antown pas ngliat mas didit (see kopdart#1), bingung soalnya pernah ngliat itu orang tapi lupa dimana? malah sempet kepikiran mas didit itu blogger juga.. hahahahaha :D

Rezki said...

waaahh..nama rumah makannnya ga disensor ah..:$

Cebong Ipiet said...

*menatap dengan mata ber binar binar
ck ck ck tulisan tangan siapa yah, mengandung nilai seni yang tinggi huahuahhuahua

Laen kali WAJIB ADA ACARA MAKAN MAKAN LAGI

Kembali ke topik GARIS
iyah niy, kl g ada garis jadi g rapi
makanya yg bener ya garis gergaris nya

dee said...

saya ga bs bikin garis lurus..
padahal kadang2 dah pake penggaris..
sama kaya mba nita, mending nulis di buku bergaris aja deh..

town, kopdar berikutnya di bintaro aja.. :D
btw, ada tugas buat km, liat di blog sy yaaa... makasih

cisthouse™ said...

saya kalau bikin garis lurus gag bisa perfect, makanya kalau saya bikin column selalu penceng...

wildankurnia said...

wah mas..
kalok sayah sebagai anak kos nyang kleleran ndak punya duid lebih yah berharap teh botol nyah ketuker ama soto sajah.. ;)

nek ndak gitu ya apa bon nyah ketuker ama duit saja sayah mau kok mas..
:r

eniwei,, salam kenal.. :)
kapan2 mbok sayah juga diajak ngopi..
halah..
wakakakaka,, :v

Antown said...

@asyafe: oke saya segera ke TKP
@@sawali: amien, semangat ya pak
@budiernanto: makan2 bro huhuuhuh
@nita: suka garis warna apa mbak? merah apa biru? kalo hitam saya gak suka
@iis: amieeen...
@bowbee: makasih, sering2 main ksini ya...
@brainwashed: hahhaa, iya, saya juga masih membayangkan situasi itu
@rezki: biar gak hoax khie
@ebong: waooow, tulisan bu dokter!! mau daftar jadi seksi konsumsi lagi?
@dee: oke dee, segera kesana
@cisthouse: udah coba pake penggaris? tahan nafasnya sebentar mbak
@wildankurnia: pokoknya urusan makan itu prioritas anak kost hehehe. salam kenal juga. makasih dah mampir

asyafe said...

mungkin dari sisi estetika desain pd blog sy ada yg kurang... masukan dari mas antown sangat sy hargai, walaupun sedikit sj *ngerayu nih*
regards,
asyafe

raie said...

coretan2 spidol warna merah itu termasuk garis juga kan? :D

asyafe said...

wah.. makasih masukannya Mas... so impressing!
Senang berkenalan dengan Mas Antown :)

Antown said...

@asyafe: baik saya akan berusaha
@raie: iya, itu garis pendek yang ngawur
@asyafe: sama-sama mas, mampir aja sering2 kemarin hehehe

emfajar said...

lhooo kok harganya disensor..

eniwei ada yang traktiran nich..

ndop said...

horee.. saya juga pernah ngelayoput tabloid, kapan2 tak posting deh.. *oops, bocor lagi deh rahasianya*

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;