Dunia (Mengajak) Tertawa

Karya saya diantara karikaturis dunia

Karya saya diantara karikaturis Indonesia

Karya saya yang baru masuk ke panitia
Komik (strip), kartun dan karikatur itu berbeda. Terkadang kita suka salah menyebutnya, termasuk saya. Karena tiga istilah ini memang mempunyai kemiripan yaitu sama-sama mengajak orang untuk tertawa atau menertawakan diri sendiri.

Dalam karikatur, ciri utamanya adalah gambar tersebut menonjolkan karakter tokoh yang dimaksud. Misalnya dia suka berbohong, maka hidungnya bisa dibuat panjang mirip pinokio misalnya. Kalo giginya (maaf) agak keluar, maka sekalian aja dikeluarkan. Kalo orangnya cantik? nah ini yang agak susah menurut saya. Karena cantik (bayangkan seperti boneka Barbie) karakter wajahnya biasanya sama dengan wajah-wajah cantik yang lain. Akibat penonjolan pada titik-titik tertentu itu, gambar menjadi tampak lucu dan unik.

Nah, kali ini saya ingin bercerita soal kontes karikatur yang saya ikuti dari internet. Temanya adalah "GREAT ROMANIAN PERSONALITIES". Gambar saya yang saya kirimkan adalah MIHAI EMINESCU, dia adalah tokoh Romantic poet yang aktif di the Junimea literary society. Saya baru sempat bikin satu karya nih. Nanti kalo ada waktu luang saya mau buat lagi.

Seumpamanya nih, karya saya masuk nominasi dan saya dapat prize kesempatan berlibur ke Romania kalian mau oleh-oleh apa? Hihihi, mimpi banget ya bisa ke luar negeri. Ah biasa aja kali. Tapi saya yakin semuanya berawal dari mimpi-mimpi indah.

23 blogger komat-kamit:

Unknown said...

ikut lomba yah??
didoakan semoga menang deh..

Unknown said...

itu muka kok mulut semua yah???
heheheheehee

funfliffy said...

salam anton :) terima kasih kerana melawat blog fliffy.. suka mgambil gambar dan mengdekorasikan dalam bentuk digital scrapbook :) harap dapat belajar dari kamu jugak.. ilustrasi kamu jauh sekali dr saya cantik sgt :) hehehe... seronok membaca blog kamu kerana saya membacanya mengikut dialeg indonesia ~~~ hehehehe

Antown said...

@sairameka: iya, makaasih atas doanya. amien. btw, nggak minta oleh2 kan? hihihi...
Jadi kalo dalam karikatur itu sesuatu yang menonjol sekalian ditonjolin. Saya ada contoh lagi. Kalo orangnya suka korupsi mungkin cocok kalo bentuk kepalanya dibentuk mirip tikus. Tapi menurut referensi yang pernah saya baca, di Indonesia hal seperti ini masih dianggap tabu. Jadi karikaturis terkadang masih dihantui ketakutan.
@fun fliffy: iya sama-sama cik. Mas Rizal sama Mangosteenskin juga sering kok berkunjung kemari. Jika ada waktu lain hari buleh main lagi kok

uNieQ said...

kreatif niyh.. salam kenal ya?

Anang said...

semoga mimpnya bisa mengantar keliling dunia... amin..... tapi gambarnya mulut semua tuh.... kalo makan boros.....

Ivana said...

Bagus, mas...
saya doakan menang deh...
oleh-olehnya?mmm...
bawa pulang cowok rumania buat dikawinin
sama saya,ya?wakakaka...
met wiken...

Anonymous said...

Romania euy..
minta oleh2nya ntar yah..

farida tarmize said...

hi anton..
thanks for visiting my blog..
lukisan ini cantik.
harap boleh belajar dari kamu
;)

Anonymous said...

semoga menang!!! udah dapet pengumumannya kah? :D

Anonymous said...

anjrit... keren ton.... suer... semoga menang lah... kalo ke rumania, gw nitip taring drakula satu ya.... wakakakak... btw, bikinin karikatur gw dooong....

Anonymous said...

kalo ke rumania, bawain adrian mutu yo mas

Anonymous said...

wkwkwkwk... gw tuh klo mampir ke blog lo selalu dibikin terpesona dengan gambar dan goresan tanganmu loh, mas... T O P B G T...

semoga menang...

(*berharap supaya orang bermulut selebar itu ga ada di dunia nyata biar ga ngabis2in makanan*) :P

Antown said...

@unieq: salam kenal juga. makasih dah mampir
@anang: makannya bukan pake nasi lagi mas, sante aja :D
@ivana: mari bermimpi bersama hahaha
@proletarman: mudah2an aja bisa kesana, berkat doa kalian tentunya
@freeda: iya, mekasih. Buleh2 saja, tapi saya juga masih belajar :P
@tuteh: pengumuman masih lama, thx doanya
@ichanx: yoi men! tengkyu. Pokoknya yang serem2 gitu ya. Ok deh doaian menang
@taliguci: hahaha, berat nggak ya bawanya...

Antown said...

@precious: heheheh, jadi nggak enak nih. Saya jadi tersanjung... (kayak sinetron ya)

Anonymous said...

wwaaaawww... keuuweeeennn...!!

UpyL said...

Smuga menang dei.Smuga jg mimpinya bisa t'wujud y Bang. Amiinnn.. *tar jgn lupa traktiran,kekekek

Anonymous said...

wew, daku doain deh biar diajak ke romania
hehehe
*ngarep

extranyos said...

orang mo ke bulan dulu juga ngimpi ko' emang klo ga ngimpi ga bisa berkembang, gambarin gw dong om.... =D

Antown said...

@rama: hahahah....
@upyl: doanya dikirim (lho?)
@ray: hihihi, sembunyi di koper ntar
@extranyos: banyak order nih, ngantri dulu *kabooorr*

mangosteenskin said...

wow...cantik sekali! antown memang berbakat!!

christi said...

itu gambar munyuk goyang2 dpt dr mana sih

Antown said...

@mangosteenskin: halo...makasih manggis
@christi: hehehe, siapa ya??

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;