Desainer Kreatif?

"Jangan galak-galak dunk!! hus-hus!!! sana pergi". Saya orangnya benci banget sama anjing. Selain takut, anjing juga ngga enak diliat, kecuali Pluto, anjing si Mickey dalam komik donald bebek.

Gimana dengan anjing Scooby Doo? saya nggak tertarik sama sekali karena secara visual cukup realis dan mengerikan. Liat ukuran anjing segitu saya sudah emoh, takut ngebayanginnya, apalagi dijilat nantinya. Hiiii... *kabuurr*

"Anjing bener tuh orang". Nah, yang ini saya juga nggak suka. Ngatain orang sembarangan. Kenapa kata "anjing" nggak diganti dengan yang lain aja. Misalnya, "dasar ketimun!!, diajak ngomong dari tadi nggak nyambung-nyambung!!". Postingan saya tentang umpatan bisa diliat di sini.

OKE, sekarang saya akan membahas gambar di atas. Konsep gambar di atas sudah cukup bagus. Hemat saya, sang ilustrator berhasil memadukan antara gambar 2D dengan 3D. Jelas ini cukup eye catching sebagai sebuah karya kreatif.

SAMA halnya ketika kita mengamati sebuah reklame yang menggabungkan seni grafis dengan benda 3D. Misalnya sebuah baliho iklan ban mobil, lalu disana ada gambar iklan dan dipajang ban mobil beneran tentu akan lebih menarik hasilnya.

PERNAH saya menyaksikan sebuah iklan sepatu (kalo nggak salah). Kejadian ini kebetulan ada di Jepang, di atas langit yang tinggi di sana ada dua orang main bola beneran. Dua orang itu tergantung dengan tali pengaman sambil mengumpan bola ke lawan. Gokil banget dah. Kontan aja orang di bawah pada liat ke atas. Mereka yang bawa kamera juga tidak tahan ingin mengabadikan momen kreatif ini. Silakan dilacak di Youtobe barangkali ada.

NAH, bagaimana dengan Indonesia? karya kreatif nan berkualitas sebenarnya sudah banyak. Bahkan beberapanya pernah mendapat penghargaan/nominasi tingkat dunia. Tinggal dikembangkan saja, tinggal ditularkan kepada penerusnya yang masih awam. Dari tulisan ini, saya berharap semoga saya pribadi, dan pekerja kreatif yang lain tidak pelit untuk berbagi ilmu kepada yang lain. Karena semakin banyak yang kita bagi, akan semakin banyak pula yang kita terima. Believe it!!

Keterangan:
Gambar/ilustrasi di atas diambil dari internet

22 blogger komat-kamit:

bayuhebat said...

Keren tuh. digambar dulu trus diedit pake sotosop, apa digambar langsung di kompie?

ichanx said...

inget film lassie? tuh anjing lucu juga... huehuee... btw, thanks bgt comment lu ton... menumbuhkan keyaklinan dan semangat hidup... halah... hehehe

nita said...

gimana cara buat gambar begitu ya. siapa tuh dr indonesia yg pernah dpt penghargaan tk dunia

oya, namamu kubawa2 dlm postingan terbaruku..hueheheh. dilarang protes

Antown said...

@bayuhebat: kamu benar2 hebat, padahal rencananya yang bakalan pertamax itu si Rama-rampok.
Soal gambar itu bukan karya saya, tapi barangkali saya bisa menjawabnya. Gambar tersebut bisa kita gambar di atas kertas dulu, baru kita scan. Kemudian siapkan gambar tangan yang sesuai, baru deh dikombinasikan dengan teknik masking di photoshop.
@ichanx: oooiya, lassie. inget saya. Tapi ngeri jugak kalo saya dijilatnya. Komen itu belum seberapa chanx, saya juga barusan komen lebih panjang lagi di blog mbak nita.
@nita: makasih, mbak. Saya jadi rada gimana gitu hehehe.... &^@#!%^#$ aduuuh!! *jatuh dari kursi*

loper said...

wew ... gambarnya bagus banget

chocoluv said...

saya ngga tau apa2 ttg ilustrasi, tapi menurut saya, ilustrasinya "hidup", jadi pas ditambah unsur 3D, ya tambah hidup lagi.
hehehe,,, blh tau ngga, sumbernya mana? :-D


oiya, ndoro kakung emang di korantempo (saingan ya?) :P kan bliau rutin ngisi satu artikel di iTempo tiap jumat. hehehe, kenapa ga tanya ma bliaunya? :-D

btw,
it's monik :-)
mungkin saya harus mengupdate halaman 'about' saya
:-D

sha said...

assalamualaikum,

saya juga gak tlalu suka ma anjing, termsk juga pluto dan scooby doo ton:D
Iya gbrny bhsl maduin 2d n 3d pas ditangan yg megang tali leher anjingnya

oRiDo™ said...

iya tuh, bagus gambarnya..
perpaduan 2D dan 3D..
akan lebih bagus klo di animasikan..
*cmiww* ;-)

klo masalah kreatif, orang indonesia gak kalah kreatif lah.. mungkin cuma masalah pengembangan nya dan skenario nya agar hasil karya orang2 indonesia dapat lebih di lihat oleh dunia..
*ngomong apaan yah aku???*
:D

UpyL said...

aQ jg ga suka anjing.Eh, tp klu snoopy suka ga??
btw,umpatan yg dasar ketimun!! itu boleh jg tu. hemm.. hemm..

pupu said...

I like that pic!! :D
org2 indonesia are really creative. ;)

carra said...

yah inti dari desain, trutama desain grafis, adalah menyampaikan pesan... kalo di sini kadang desainnya udah hebat... tapi eksekusinya ke barang jadi yang kurang maksimal... itu siy yg sering aku liat, trutama advertising...

brainwashed said...

mas antown, saya kq heran knp blon ada film kartun/animasi indonesia yang digarap serius untuk konsumsi pasar cinema? bener blon adakah? atau memang saya yg kurang wawasan dan perlu digauli?hehehe.. tp saya optimis kedepan akan lebih banyak lagi seniman indonesia yang mampu menghasilkan karya kreatif dan berkualitas. Dan bisa mengharumkan nama indonesia di dunia internasional..(haalaah.. kalimat terakhir lagi sok nasionalis xixiixi...)

~ tc ~ said...

kalo bilang "dasar ketimun...!" koq keknya kurang sangar gitu ya..
gak nyeremin
heuehue

dee said...

karya kreatif saya, bikin kemoceng dr rafia waktu SD hehehe..
sependapat sm brainwashed, knp ya sy lebih tertarik nntn film animasi pixar atw hollywood punya en jepang atw baca komik jepang? bukannya ga cinta karya anak negeri loh..

rama said...

pertamaaaxxxx...!!!!

*perfect sign of desperation*

lala said...

keduaxx ajah dulyu...

lala said...

*lebih desperado*

lala said...

tp kereun uy ituh gambarna... sempat tertipu sesat.. gw pikir hasil karya lu...

dah mo nodong dibikinin ajeh nih...

kumaha yg menang banner teh? blun?

Anang said...

anjingnya kok ngiler mas

Antown said...

@loper: haiyaaaah...punya siapa tuh gambarnya?
@chocoluv: saya sempat bertemu beliau waktu kopdar di monas kemarin. Sayang sekali nggak sempat ngobrol sama sekali.
@sha: lari yuk sha......
@orido: betul itu mas pendapatnya. bagus2 udah

Antown said...

@upyl: kapan nih rencana mau pake kata ketimun? heheh...
@pupu: ok, mekasih. Selamat berkarya
@carra: jadi pengamat iklan? hmmm... kapan2 bisa share lagi di blog ini
@brainwashed: barangkali mereka lebih tertarik pada hal yang instan? yang lebih cepet menghasilkan uang misalnya? animasi akhrnya lari ke iklan2 TV, dsb. Karena menjaga konsistensi semangat dalam berkarya itu bukan hal yang mudah. apalagi kalo blom dapet soulnya!!

Antown said...

@tc: kalo pingin sangar pake tatto dulu hahaha...
@dee: Jepang terkenal inovasinya. Sampai komikpun mereka garap dengan serius. Alhasil karyanya juga bisa maksimal
@rama: selamat ya, kamu bermimpi....
@lala: pemenangnya ntar lagi saya umumkan..., kurang beberapa jam lagi
@anang: kalo nggak ngiler itu namanya ayam, mas. petok-petok

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.

 
;